[SALAH] “PUTIN ANTI LGBT”

Narasi dan video yang dibagikan TIDAK berkaitan. BUKAN tentang LGBT, FAKTA: pernyataan mengenai tunjangan keluarga disampaikan ketika Vladimir Putin berkunjung dalam rangka pengembangan kapasitas industri ke wilayah Rostov Oblas pada tahun 2018 lalu.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konteks yang Salah.

SUMBER: TikTok, https://archive.ph/abR4c (arsip cadangan).

NARASI: “PUTIN ANTI LGBT”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, termasuk “Konteks yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah” [1].

@mafindo.id

@Bintang Mas 💫 🇮🇩 • Narasi dan video yang dibagikan TIDAK berkaitan. BUKAN tentang LGBT, FAKTA: pernyataan mengenai tunjangan keluarga disampaikan ketika Vladimir Putin berkunjung dalam rangka pengembangan kapasitas industri ke wilayah Rostov Oblas pada tahun 2018 lalu. Selengkapnya: turnbackhoax.id | #LawanHoax #CekFaktanya #TurnBackHoax #FactCheck #DigitalLiteracy #MAFINDO #FYP

♬ original sound – MAFINDO – MAFINDO
(Bahasa Indonesia)
@aribowosasmito

NOT about LGBT, FACT: the statement regarding family allowances was made when Vladimir Putin visited for industrial capacity building to the Rostov Oblast region in 2018 • More: turnbackhoax.id | #FactCheck #DigitalLiteracy #FYP

♬ original sound – Aribowo Sasmito – Aribowo Sasmito
(English)

SUMBER membagikan video yang berisi pernyataan mengenai tunjangan keluarga ketika Vladimir Putin berkunjung dalam rangka pengembangan kapasitas industri ke wilayah Rostov Oblas pada tahun 2018 lalu dengan narasi yang TIDAK berkaitan, sehingga menyebabkan kesimpulan SALAH.

Verifikasi Video

Video dengan konteks yang benar, Vesti.Ru pada 2 Februari 2018: “Vladimir Putin: Saya ingin memberi Anda nasihat yang bagus. Gadis-gadis di sini sangat cantik. Ini adalah yang pertama. Kedua. Segera setelah Anda menikah, memiliki anak sekaligus dan Anda akan menerima dukungan pada kelahiran anak pertama. Dan jika ada anak kedua dan ketiga, Anda akan memiliki tingkat hipotek tidak lebih dari enam persen. Karena segala sesuatu yang lebih tinggi akan dibayar oleh negara.” [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

kremlin.ru pada 1 Februari 2018: “Vladimir Putin memimpin pertemuan Presidium Dewan Negara di Rostov on Don untuk membahas prospek pengembangan potensi industri di kawasan Rusia” [3]

Mail.ru pada 4 Februari 2018: “Nasihat Putin Untuk Sarjana* Rusia: Wanita Rusia Sangat Cantik, Cepat Menikah!” [4] (* Bachelor = Bujangan).

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.md/nb52W (arsip cadangan dengan bahasa asli, English).

[2] vesti.ru: “Warga Rostov Pamer ke Presiden – Industri Daerah Memiliki Warisan Bersejarah; Putin Menjanjikan Dukungan” (Google Translate), https://bit.ly/3xLuFc7 & https://archive.ph/3nLmw (arsip cadangan) / https://bit.ly/3JRedJn & https://archive.ph/Ls6Pz (tautan langsung dan arsip cadangan dengan bahasa asli, English).

[3] kremlin.ru: “Perjalanan ke wilayah Rostov” (Google Translate), https://bit.ly/3vladM9 (arsip cadangan) / https://archive.ph/wHJ6f (arsip cadangan dengan bahasa asli, Rusia).

[4] mail.ru (Google Translate), https://archive.ph/UuVl8 (arsip cadangan) / https://bit.ly/3KR8Hba & https://archive.ph/WaGxL (tautan langsung dan arsip dengan bahasa asli, English).