[SALAH] Pesan WhatsApp Bantuan BPJS Kesehatan Sebesar Rp75 Juta

Hasil periksa fakta Ari Dwi Prasetyo.

Hoaks lama beredar kembali. Pesan WhatsApp bukan berasal dari pihak BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan melalui Kabag SDM dan Umum BPJS Kesehatan Cabang Batam, Irfan Rachmadi telah menegaskan bahwa BPJS Kesehatan tidak pernah memberikan hadiah atau uang tunai dan info dari WA tersebut merupakan penipuan atau informasi palsu.

=====

Kategori: Konten Palsu

=====

https://archive.vn/uOQZK
Sumber: Whatsapp

=====

Narasi:

“Selamat Anda Terpilih Menerima
Bantuan 75.JT Dari BPJS Kesehatan
INFO SILAHKAN HUBUNGI WhatsApp
PELAYANAN KAMI:0877-6489-6745”

=====

Penjelasan:

Beredar pesan WhatsApp yang berisikan bantuan dari BPJS Kesehatan berupa uang sebesar Rp75 Juta dengan disertai nomer handphone yang mengklaim sebagai nomer pelayanan BPJS.

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa perihal pesan WhatsApp tersebut telah diklarifikasi oleh Kabag SDM dan Umum BPJS Kesehatan Cabang Batam, Irfan Rachmadi sebagai hoaks atau informasi palsu.

“Teman-teman media, akhir-akhir ini banyak beredar WA penipuan tentang bantuan dari BPJS Kesehatan. Perlu kami informasikan bahwa, BPJS Kesehatan tidak pernah memberikan hadiah atau apapun dalam bentuk uang tunai dan info dari WA tersebut merupakan penipuan atau berita bohong,” Ucap Irfan Rachmadi.

Selain itu, hoaks serupa pernah dibahas oleh Turnbackhoax.id pada tahun 2021 dengan judul “[SALAH] SMS Bantuan BPJS Kesehatan Sebesar Rp78 Juta”.

Oleh sebab itu, konten WhatsApp tersebut masuk ke dalam kategori Konten Palsu.

=====

Referensi:

https://www.idnnews.id/pesan-singkat-bantuan-rp75-juta-bpjs-kesehatan-itu-tidak-benar-alias-hoax/

https://turnbackhoax.id/2021/08/04/salah-sms-bantuan-bpjs-kesehatan-sebesar-rp78-juta/