[SALAH] Warung Makan di Klaten Dibakar Warga karena Berjualan di Bulan Puasa

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Faktanya, pihak Polres Klaten telah menegaskan bahwa tidak ada kasus pembakaran warung makan di Klaten. Lebih lanjut, foto yang dicantumkan dalam unggahan yang beredar merupakan foto kebakaran rumah di Sibolga, Sumatra Utara, pada tahun 2021 lalu.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER:

Facebook
https://archive.ph/fxIuF

Portal Daring
https://archive.ph/SxhLm

= = = = =

NARASI:

“Kejadian Tadi Siang Warung Makan Dibakar Warga Terkait Berjualan di Bulan Puasa ,Pemilik Warung Pasrah dan Menangis :Apa Salahku 😭😭😭”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook dengan nama pengguna “Yuli Setiawan” (https://www.facebook.com/yuli.setiawan.7712) dalam forum “KABAR KLATEN” (https://www.facebook.com/groups/1551911245113649) mengunggah sebuah tautan artikel dari situs roketasia[dot]my[dot]id. Artikel tersebut menyatakan bahwa sebuah warung makan di Klaten dibakar warga karena berjualan saat bulan puasa.

Melansir dari detikJateng, Kasi Humas Polres Klaten, Iptu Abdillah menegaskan bahwa tidak ada kasus pembakaran warung makan di Klaten. Selain itu, berdasarkan hasil penelusuran, foto yang dicantumkan dalam unggahan yang beredar merupakan foto kebakaran rumah di Sibolga, Sumatra Utara, pada tahun 2021 lalu. Foto serupa dapat dilihat dalam artikel Waspada.id berjudul “Dua Rumah Warga Di Jalan Bawal Sibolga Terbakar” yang diunggah pada 28 Januari 2021.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna “Yuli Setiawan” dalam forum “KABAR KLATEN” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.detik.com/jateng/berita/d-6025726/beredar-info-warung-dibakar-di-klaten-polisi-hoaks

https://waspada.id/sumut/dua-rumah-warga-di-jalan-bawal-sibolga-terbakar/

Penulis: Khairunnisa A.
Editor: Bentang Febrylian