[SALAH] Bayi Berumur 3 Hari Bisa Menyebut Nama “Allah”

Hasil periksa fakta Ari Dwi Prasetyo.

Bukan foto bayi berumur 3 hari yang bisa menyebut nama “Allah”, melainkan foto bayi yang baru saja lahir yang menunjukan gestur seolah-olah sedang berdoa.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]

https://archive.vn/DOi3m
Facebook

======

[NARASI]:
“MasyaAllah, Baru Tiga Hari Lahir, Bayi ini Sudah Bisa Menyebut Nama “Allah”., Mudahan yg baca ini sehat selaluu yaa.. dan berkah selalu Rezeki nya , Aamiin.. “

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Facebook mengunggah artikel yang menampilkan seorang dokter yang sedang menggendong bayi dengan narasi bahwa bayi yang baru berusia 3 hari tersebut dapat menyebut nama “Allah”. Dalam unggahannya, akun tersebut menyertakan link tautan situs berita-pandanganrakyaaaat.blogspot.com berjudul ” MasyaAllah, Baru Tiga Hari Lahir, Bayi ini Sudah Bisa Menyebut Nama “Allah”.

Berdasarkan hasil penelusuran, narasi yang dituliskan dalam unggahan dan artikel tersebut tidak sesuai dengan kejadian asli dalam foto. Melansir Emirates247.com, foto yang menampilkan seorang dokter dan bayi baru lahir tersebut diambil ketika bayi baru saja lahir di salah satu rumah sakit di Arab Saudi. Dalam foto selfie tersebut memperlihatkan sang dokter sedang menggendong bayi yang menunjukan gestur seolah-olah sedang berdoa. Foto ini sempat dipublikasikan koran lokal di Arab Saudi.

Selain itu melansir Hellosehat.com, bayi akan mulai mengeluarkan ocehan-ocehan seperti ingin menyampaikan sesuatu setelah berusia 2-3 bulan pertama. Lalu perkembangan bahasa bayi akan terus berlanjut hingga bayi bisa bicara kata pertamanya pada sekitar usia 9-12 bulan.

Dengan demikian, unggahan foto bayi yang baru berusia 3 hari dapat menyebutkan kalimat “Allah” tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

======
REFERENSI:
https://www.emirates247.com/news/is-this-baby-praying-2016-06-23-1.633764
https://hellosehat.com/parenting/bayi/bayi-1-tahun-pertama/perkembangan-bahasa-pada-bayi/