[SALAH] Akun Telegram Bibit.id

Hasil Periksa Fakta Arief Putra Ramadhan.

Akun Telegram yang mengatasnamakan Bibit Investasi Reksa Dana bernama bibit id adalah tiruan. Melalui Instagram resminya (bibit.id) bahwa akun Telegram resmi milik Bibit hanya bisa bergabung melalui aplikasi Bibit.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========
Konten: Konten Tiruan

Beredar kembali sebuah akun Telegram yang mengatasnamakan Bibit Investasi Reksa Dana dengan nama Bibit id. Pada akun tersebut memilliki sebanyak 1143 anggota yang tergabung.

Sumber: Telegram (https://archive.ph/XlLib) Arsip
===========

PENJELASAN:

Berdasarkan hasil penelusuran, akun Telegram yang mengatasnamakan Bibit adalah tiruan. Melalui Instagram resminya (bibit.id) bahwa akun Telegram resmi milik Bibit hanya bisa bergabung melalui aplikasi Bibit, bukan digabungkan secara tiba-tiba atau otomatis masuk tanpa sepengetahuan seperti yang dilakukan pada akun palsu tersebut.

Untuk mengatisipasi hal tersebut, pada laman blog resmi milik Bibit juga memberikan cara mengamankan data pribadi agar tidak terjadi penyalahgunaan data. Pihak Bibit menjelaskan penawaran reksadana hanya melalui aplikasi resmi Bibit dan tidak pernah menawarkan melalui grup media sosial atau personal chat.

Konten serupa sudah pernah beredar sebelumnya dan diverifikasi di laman turnbackhoax.id┬ápada 24 Februari 2022 berjudul “[SALAH] Akun Telegram Bibit Investasi Reksadana”. Dengan demikian akun Telegram Bibit Investasi Reksa Dana bernama bibit id bukanlah aku asli melainkan tiruan.

REFERENSI:
https://blog.bibit.id/blog-1/hati-hati-penipuan-online-ini-cara-mengamankan-datamu
https://turnbackhoax.id/2022/02/24/salah-akun-telegram-bibit-investasi-reksadana/
https://www.instagram.com/s/aGlnaGxpZ2h0OjE4MjIwMTQ2MzczMDUwNjUw?story_media_id=2562495133370025832_3442139631&igshid=YmMyMTA2M2Y=

EDITOR: Adi Syafitrah