[SALAH]: Mumi Dinosaurus Appalachiosaurus Ditemukan di Tennessee

Informasi mengenai penemuan mumi dinosaurus Appalachiosaurus di Tennessee adalah tidak benar. Gambar yang disebar berasal dari DinoMuseum Altmuhltal, sebuah museum dinosaurus di Denkendorf, Jerman.

[KATEGORI]: KONTEKS YANG SALAH

[SUMBER]: FACEBOOK (https://archive.fo/ujHMd)

[NARASI]:

“KISAH TERBREAKING:

Ilmuwan menyebutnya spesimen dinosaurus terbaik yang pernah ditemukan. Ditemukan secara tidak sengaja oleh para survei di dekat area Citico Creek di Hutan Nasional Cherokee, teropodfosilisasi ini seharusnya berusia lebih dari 77 juta tahun, namun kulit, tulang, dan organ tampaknya utuh. Menurut Museum Sejarah Alam ETSU di Gray, Tennessee, yang baru-baru ini mengungkapkan temuannya, dinosaurus itu sangat terpelihara dengan baik dan bukannya ‘fosil’, kita bisa dengan aman menyebutnya ‘mumi dinosaurus. “”””””””””
Para peneliti memeriksa temuannya terkejut pada tingkat pelestariannya yang hampir belum pernah terjadi sebelumnya. Kulit, gigi, dan bahkan beberapa nyali makhluk itu utuh – sesuatu yang belum pernah mereka lihat sebelumnya.
“Kau tidak perlu menggunakan banyak imajinasi untuk merekonstruksinya; jika mata Anda hanya menjulingkan sedikit, Anda hampir percaya bahwa itu sedang tidur,” kata seorang peneliti.
Meskipun bagaimana mumi dinosaurus bisa tetap utuh begitu lama masih menjadi misteri, para peneliti menunjukkan bahwa teropod mungkin telah tersapu oleh sungai yang banjir dan dibawa ke laut kuno, di mana akhirnya tenggelam ke tidak dengan lantai laut yang terbuka.
Sekarang diyakini diidentifikasi sebagai Appalachiosaurus, ahli konservasi sedang mencari pengkodean DNA-nya. Dr. James Harvin menyatakan, “Mengetahui binatang ini pernah berkeliaran di area ini, kami akan berusaha untuk memulihkan spesies ini. Kami berharap untuk memperkenalkannya kembali ke tanah pijakan kuno”.

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Facebook mengunggah beberapa gambar yang diklaim bahwa telah ditemukan mumi dinosaurus spesimen Appalachiosaurus berusia 77 juta tahun di dekat area Citico Creek di Hutan Nasional Cherokee, Tennessee, Amerika Serikat.

Berdasarkan penelusuran menggunakan reverse image search, ditemukan foto identik yang pernah diunggah oleh akun twitterDennis Hansen, pada 22 Oktober 2021. Dia menyebut nama DinoMuseum Altmuhltal dalam cuitannya.

DinoMuseum Altmuhltal merupakan sebuah museum dinosaurus di Denkendorf, Jerman. Museum bertemakan ruangan terbuka itu terdapat beberapa koleksi fosil dinosaurus, termasuk salah satunya jenis yang di anggap Appalachiosaurus seperti pada klaim.

Terkait dengan Appalachiosaurus, nama ini telah lama ditetapkan oleh paleontolog sejak 2005. Australian Museum pada 25 November 2020 menulis bahwa nama ini berarti kadal dari Appalachia, yang mengacu pada wilayah pegunungan tempat fosil ini pertama kali ditemukan.

Appalachiosaurus montgomeriensis adalah tyrannosaurus pertama dan terlengkap yang ditemukan di Amerika Serikat bagian timur. Tepatnya di wilayah Appalachian di Montgomery County, Alabama.

Mahluk ini diperkirakan hidup sekitar 80-76 juta tahun yang lalu. Spesimen aslinya ditemukan pada 1982, tetapi baru pada 2005 para paleontolog menentukan bahwa spesimen ini mewakili genus dan spesies tyrannosaurus kecil yang benar-benar baru.

REFERENSI: