[SALAH] Foto Pemadam Kebakaran Ukraina

Hasil periksa fakta Fathia IS.

Klaim tersebut salah. Faktanya, foto tersebut merupakan foto petugas pemadam kebakaran Australia yang sedang memadamkan kebarakan hebat di Tasmania, Australia pada Februari 2019.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

= = =
Kategori: Konteks yang Salah

= = =
Sumber: Facebook
https://archive.ph/jPYCY

= = =
Narasi:
[Narasi Pada Tangkapan Layar]

“#Ukraine #firefighters save lives by risking their own lives. #Heroes about whom little said. thank you for your service and courage! It’s priceless #GloryToUkraine,”

Terjemahan:
“#Pemadam kebakaran #Ukraina menyelamatkan nyawa dengan mempertaruhkan nyawa mereka sendiri. #Pahlawan yang tidak banyak dibicarakan. terima kasih atas layanan dan keberanian Anda! #GloryToUkraine tak ternilai harganya,”

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah foto petugas pemadam kebakaran yang diselimuti jelaga telah dibagikan di media sosial yang mengklaim foto itu menunjukkan petugas pemadam kebakaran Ukraina yang bekerja untuk menyelamatkan nyawa setelah invasi Rusia.

Meskipun petugas pemadam kebarakan Ukraina telah bekerja di lokasi serangan udara Rusia. Namun, foto yang beredar tersebut bukan pemadam kebarakan Ukraina, melainkan petugas pemadam kebakaran di Australia.

Melalui google image reverse, foto tersebut ditemukan dalam laporan berita pada Februari 2019 tentang serangkaian kebakaran hebat di negara bagian Tasmania, Australia Selatan.

Dengan demikian, klaim bahwa foto tersebut menunjukkan foto petugas pemadam kebakaran Ukraina adalah keliru dan termasuk ke dalam konteks yang salah.

= = =
Referensi:

  1. https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.326V2Q2
  2. https://www.sbs.com.au/news/article/this-powerful-photo-of-three-exhausted-tasmanian-firefighters-has-gone-viral/b7xc9c7ss

= = =
Editor: Bentang Febrylian