[SALAH]: Mengonsumsi Buah Zuriat Dapat Meningkatkan Peluang Kehamilan

Informasi yang menyesatkan. Tidak ada anjuran bagi orang yang sedang program hamil untuk mengonsumsi buah-buahan tertentu secara terus-menerus untuk mendapatkan kehamilan. Tak hanya itu, buah zuriat juga tidak memiliki kandungan zat yang dapat merangsang kesuburan seseorang, yakni vitamin E.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: FACEBOOK (https://archive.fo/wPqCA)

======

[NARASI]:

“Pantes namanya terkenal sebagai buah keturunan. Tetangga ku nikah 9 tahun dan 15 tahun baru punya momongan setelah minum godokan buah ini.
Lurr, barangkali ada temen, saudara, atau tetangga yg sudah lama menikah tapi belum punya momongan. Coba suruh minum air rebusan ini lurr.. alhamdulillah banyak yg berhasil karena bagus khasiatnya.

Langsung wa.me/6281520994900 ya.”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Facebook mengunggah postingan berupa gambar buah keturunan atau lebih dikenal dengan buah zuriat disertai narasi klaim bahwa mengonsumsi buah tersebut dapat meningkatkan peluang kehamilan seseorang. Dalam informasi tersebut dijelaskan bahwa manfaat buah itu dapat diperoleh dengan meminum air rebusan buah zuriat secara rutin.

Berdasarkan penelusuran melansir dari kompas.com, Dokter spesialis obstetri dan ginekologi sekaligus konsultan fertilitas endokrinologi dan reproduksi dari Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta, dr Yassin Yanuar Mohammad, SpOG-KFER, mengatakan, tidak ada anjuran bagi orang yang sedang program hamil untuk mengonsumsi buah-buahan tertentu secara terus-menerus untuk mendapatkan kehamilan.

“Yang ada adalah mengonsumsi berbagai macam sumber vitamin dan mineral, termasuk buah-buahan yang bervariasi,” kata Yassin.

Yassin mengatakan, sejauh ini belum ada hasil penelitian yang secara spesifik membandingkan konsumsi buah zuriat dengan peluang terjadinya kehamilan pada seseorang.

“Karena kehamilan itu mekanisme yang sangat kompleks. Ada banyak faktor, ada banyak variabel yang berkaitan dengan peluang kehamilan seseorang,” kata Yassin.

Dihubungi secara terpisah, bantahan terkait klaim buah zuriat dapat meningkatkan peluang kehamilan pada seseorang juga disampaikan oleh dokter spesialis kandungan yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka, Dr dr Wawang S Sukarya, SpOG (K), MARS, MHKes.

Wawang mengatakan, buah zuriat tidak memiliki kandungan zat yang dapat merangsang kesuburan seseorang. Menurut dia, buah zuriat mengandung beberapa nutrisi penting, seperti serat, karbohidrat kompleks, vitamin B, dan berbagai mineral, termasuk kalsium, kalium, magnesium, dan fosfor, serta asam lemak esensial linoleat.

“Dari isinya tidak ada kandungan yang bisa merangsang kesuburan seperti vitamin E,” kata Wawang.

======

REFERENSI:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/04/08/083500682/-hoaks-konsumsi-buah-zuriat-meningkatkan-peluang-kehamilan?page=all

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4350654/cek-fakta-hoaks-buah-zuriat-bisa-meningkatkan-peluang-hamil