[SALAH] Artikel Detik berjudul “Cerita Ajid Terobos SD Ambruk di Cianjur demi Selamatkan Foto Lesti”

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR

Judul Editan. Judul asli artikel yang dimuat di situs detik.com tersebut adalah “Cerita Ajid Terobos SD Ambruk di Cianjur demi Selamatkan Foto Jokowi” dan foto di pigura di gambar itu adalah foto Presiden Joko Widodo bukan foto Lesti.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: Satire/Parodi

=====

SUMBER: Twitter

https://archive.ph/WKd8p

=====

NARASI:
Respekk
NEWS.DETIK.COM

Cerita Ajid Terobos SD Ambruk di Cianjur demi Selamatkan Foto Lesti

=====

PENJELASAN:
Beredar postingan di Twitter oleh akun bernama @hamba_sahaaya, yang membagikan hasil screenshoot headline berita dari detik.com, dengan judul artikel “Cerita Ajid Terobos SD Ambruk di Cianjur demi Selamatkan Foto Lesti”.

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, judul pada headline berita tersebut adalah hasil editan. Judul asli artikel yang dimuat di situs detik.com pada Kamis, 17 September 2020 itu adalah “Cerita Ajid Terobos SD Ambruk di Cianjur demi Selamatkan Foto Jokowi” dan foto di pigura di gambar itu adalah foto Presiden Joko Widodo bukan foto Lesti.

Hoaks serupa juga pernah beredar dan telah dilakukan pemeriksaan fakta oleh turnbackhoax.id dengan judul artikel “[SALAH] Artikel berjudul “Cerita Ajid Terobos SD Ambruk di Cianjur demi Selamatkan Foto Jihyo”

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim @hamba_sahaaya adalah tidak benar dan termasuk kategori Parodi/Satire.

=====
REFERENSI:
https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5177227/cerita-ajid-terobos-sd-ambruk-di-cianjur-demi-selamatkan-foto-jokowi

[SALAH] Artikel berjudul “Cerita Ajid Terobos SD Ambruk di Cianjur demi Selamatkan Foto Jihyo”

=====

Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian