[SALAH] Foto Aktris Korea Selatan Jung Ho-yeon “This has to be the best photo to ever exist”

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, foto tersebut adalah hasil suntingan dari foto aktris Korea Selatan Jung Ho-yeon saat tampil di Red Carpet Critics Choice Awards pada 13 Maret 2022 di Los Angeles, Amerika Serikat.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/Er6Ug

====

Narasi:
“This has to be the best photo to ever exist”

====

Penjelasan:
Akun Twitter Iris (@irisvicencio) mengunggah cuitan berupa foto aktris Korea Selatan, Jung Ho-yeon, yang dikelilingi para penonton. Cuitan yang diunggah pada 17 Maret 2022 telah mendapat atensi berupa 4,1 ribu retweet dan 35,5 ribu suka.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto cuitan itu adalah hasil suntingan dari foto Jung Ho-yeon saat tampil di Red Carpet Critics Choice Awards pada 13 Maret 2022 di Los Angeles, Amerika Serikat. Foto asli ditemukan dalam artikel Got Celebrity berjudul “HoYeon Jung – Red carpet at 2022 Critics Choice Awards in LA” terbit pada 14 Maret 2022 dan situs alamy. Pada foto asli nampak sang aktris berpose di depan banner tanpa dikelilingi siapapun.

Dengan demikian, cuitan akun Twitter Iris (@irisvicencio) dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi.

====

Referensi:

https://www.gotceleb.com/hoyeon-jung-red-carpet-at-2022-critics-choice-awards-in-la-2022-03-14.html

https://www.alamy.com/century-city-los-angeles-california-usa-march-13-hoyeon-jung-wearing-louis-vuitton-arrives-at-the-27th-annual-critics-choice-awards-held-at-the-fairmont-century-plaza-hotel-on-march-13-2022-in-century-city-los-angeles-california-united-states-photo-by-xavier-collinimage-press-agencysipa-usa-image463938414.html

Editor: Bentang Febrylian