[SALAH] Video Tempat Jatuhnya Pesawat Boeing 737-800 Milik China Eastern Airlines

Hasil periksa fakta Fathia IS.

Klaim tersebut salah. Faktanya, video tersebut sebenarnya menunjukkan kebakaran di dekat Longyan, sebuah kota di provinsi Fujian, sekitar 500 mil (800 kilometer) jauhnya dari lokasi kecelakaan di Wuzhou.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

= = =
Kategori: Konteks yang Salah

= = =
Sumber: Twitter
https://archive.ph/dNbzt/image

= = =
Narasi:
[Terjemahan dari Bahasa China]

“Lokasi Jatuhnya Pesawat China Eastern Ailines”

= = =
Penjelasan:
Setelah sebuah Pesawat China Eastern Airlines yang membawa 132 orang jatuh di lereng gunung di wilayah Guangxi, China Selatan pada 21 Maret 2022. Sebuah video beredar di media sosial dan diklaim merupakan lokasi jatuhnya pesawat China Eastern Airlines, video tersebut menunjukkan asap mengepul yang diduga akibat kecelakaan pesawat.

Namun, setelah ditelusuri informasi tersebut salah. Faktanya, video tersebut sebenarnya menunjukkan kebakaran di dekat Longyan, sebuah kota di provinsi Fujian, sekitar 500 mil (800 kilometer) jauhnya dari lokasi kecelakaan di Wuzhou.

Seorang juru bicara pemerintah untuk daerah Shanghang Longyan mengatakan kepada AFP bahwa video tersebut menunjukkan kebakaran di lereng bukit di sebuah desa setempat pada 20 Maret, sehari sebelum pesawat jatuh.

“Video online tidak menunjukkan insiden kecelakaan pesawat, itu benar-benar menunjukkan kebakaran bukit pada 20 Maret dari sebuah desa di kotapraja Guanzhuang She, daerah Shanghang,” kata juru bicara itu.

Kebakaran itu disebabkan oleh penyapuan makam, kebiasaan membersihkan kuburan leluhur yang melibatkan pembakaran dupa atau sesaji kertas.

Dengan demikian, klaim sebuah video menunjukkan lokasi jatuhnya pesawat China Eastern Airlines adalah informasi yang keliru dan termasuk ke dalam kategori konteks yang salah.

= = =
Referensi:

  1. https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.326R8NQ
  2. https://weibo.com/1656737654/LkMCNmZgb?refer_flag=1001030103_

= = =
Editor: Bentang Febrylian