[SALAH] Video “Hentikan Putin. #russia #ukraina #sedih”

TIDAK BERKAITAN dengan Ukraina dan situasi konflik saat ini (2022). FAKTA: rekaman sebelumnya dibagikan oleh pengguna Reddit tahun lalu (2021), deskripsi: “Tentara Rusia memberikan es kepada seorang bocah Suriah”.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI .

KATEGORI : Konteks yang salah.

SUMBER : TikTok, https://bit.ly/3vHtRDQ (arsip cadangan).

NARASI : “Hentikan Putin. #rusia #ukraina #sedih”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, termasuk “Konteks yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah” [1].

@aribowosasmito

@👑, UNRELATED to Ukraine and it’s current conflict situation (2022). FACT: the footage was previously shared by Reddit users last year (2021), description: “Russian soldier gives an ice pop to a Syrian boy”. More: turnbackhoax.id | #FactCheck #Russia #Ukraine

♬ original sound – Aribowo Sasmito – Aribowo Sasmito

SUMBER membagikan rekaman yang sebelumnya dibagikan oleh pengguna Reddit pada tahun lalu (2021) dengan informasi kontekstual yang KELIRU, yang menyebabkan kesimpulan SALAH.

Verifikasi Video

Rekaman identik yang sebelumnya dibagikan pada 25 November 2021 di Reddit oleh pengguna dump_acc_91: “Tentara Rusia memberikan es kepada bocah Suriah” [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Mengenai kehadiran Rusia di Suriah, France 24: “Pada 2015, Rusia memulai serangan udara di Suriah untuk mendukung pasukan Assad yang berjuang. Ini membantu pasukan pro-rezim merebut kembali wilayah yang hilang dalam serangkaian kemenangan melawan pemberontak dan jihadis yang melibatkan pemboman mematikan dan penghancuran besar-besaran. Lebih dari 63.000 personel militer Rusia telah dikerahkan ke Suriah, kata Moskow. Tidak jelas berapa banyak yang saat ini ditempatkan di sana. Moskow memiliki dua pangkalan militer di Suriah: bandar udara di Hmeimim di barat laut dan pelabuhan angkatan laut Tartus, lebih jauh ke selatan.” [3]

Postingan (Crossposted) oleh pengguna Reddit lainnya, “Inputstorm28129” [4] dan “Mogtr0idew113” [5]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.md/nb52W (arsip cadangan dengan bahasa asli, English).

[2] reddit.com, https://bit.ly/3HImC0G / https://archive.ph/ZnzKi (arsip cadangan) & https://archive.ph/S4Nzt (arsip cadangan dengan thumbnail video).

[3] france24.com: “Hubungan Rusia yang berkembang dengan Suriah di tengah dukungan militer”, https://bit.ly/3KgkDCB / https://archive.ph/VBksQ (arsip cadangan).

[4] reddit.com, https://bit.ly/3HIdtp9 / https://archive.ph/rYDU0 (arsip cadangan) & https://bit.ly/3MoShbl (arsip cadangan dengan thumbnail video).

[5] reddit.com, https://bit.ly/3HIdtp9 / https://archive.ph/cattS (arsip cadangan) & https://archive.ph/45ZTC (arsip cadangan dengan thumbnail video).