[SALAH] Foto “Kebakaran merenggut banyak korban jiwa terjadi di pesantren Alquran dekat Ibu Kota Monrovia, Liberia”

BUKAN foto kebakaran di sekolah Alquran di Kota Monrovia, Liberia. kebakaran di foto itu adalah kebakaran Pondok Pesantren Dar Aswaja di Kabupaten Rokan Hilir, Riau, pada Kamis 4 Juli 2019 yang tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Beredar artikel berjudul “Mohon Bantuan Dan Do’anya Turut Berdukacita. Pesantren Alquran Terbakar, 100 Santri Dan Dua Guru Tewas Terpanggang” yang terbit di situs jagadomain[dot]xyz. Artikel ini juga memuat sebuah foto yang memperlihatkan peristiwa kebakaran.

Di paragraf pertama artikel ini, tertulis narasi sebagai berikut: “Kebakaran merenggut banyak korban jiwa terjadi di pesantren Alquran dekat Ibu Kota Monrovia, Liberia, Rabu dini hari waktu setempat.”

Sumber: archive.ph/SiUaJ (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarakan hasil penelusuran, adanya foto yang memperlihatkan peristiwa kebakaran yang diklaim sebagai foto kebakaran yang merenggut banyak korban jiwa yang terjadi di pesantren Alquran dekat Ibu Kota Monrovia, Liberia merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya bukan foto kebakaran di sekolah Alquran di Kota Monrovia, Liberia. kebakaran di foto itu adalah kebakaran Pondok Pesantren Dar Aswaja di Kabupaten Rokan Hilir, Riau, pada Kamis 4 Juli 2019 yang tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Foto yang identik dimuat di artikel berjudul “Pondok Hangus Terbakar, Pemkab Rohil Siapkan Hunian Sementara Santri Pesantren Dar Aswaja” yang terbit di situs riau1.com pada 5 Juli 2019. Dilansir dari artikel ini, asrama santri putra Pondok Pesantren Dar Aswaja, Kepenghuluan Sungai Pinang, Kecamatan Kubu Babussalam, Riau dilalap si jago merah pada 4 Juli 2019, warga setempat sudah berusaha keras melakukan pemadaman namun usaha mereka sia-sia. Beruntung, kebakaran hebat ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Selain itu, berdasarkan hasil penelusuran Liputan6 di Google terkait kebakaran pesantren Alquran di Liberia, ditemukan artikel The Washington Post yang dipublikasikan pada 18 September 2019 yang berjudul: “School fire kills 28 children in Liberia: ‘Everything was blazing”.

Dalam artikel tersebut dijelaskan, sebuah sekolah Alquran di Kota Monrovia, Liberia mengalami kebakaran yang menyebabkan 28 anak-anak meninggal dunia. Menurut seorang juru bicara kepolisian, para siswa tengah tidur di asrama yang terhubung dengan masjid ketika masalah listrik diduga telah memicu kebakaran.

REFERENSI
https://www.riau1.com/berita/rokan-hilir/1562289274Pondok-Hangus-Terbakar-Pemkab-Rohil-Siapkan-Hunian-Sementara-Santri-Pesantren-Dar-Aswaja
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4420660/cek-fakta-ini-bukan-foto-kebakaran-pesantren-alquran-di-liberia-simak-penelusurannya
https://www.washingtonpost.com/world/school-fire-kills-27-children-in-liberia/2019/09/18/226043c6-da1c-11e9-adff-79254db7f766_story.html

About Adi Syafitrah 1362 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo