[SALAH] Situs Lelang Milik DJKN “lelanginternal.com”

hasil periksa fakta Rahmah a n (UIN sunan ampel Surabaya).

SITUS PALSU. Situs lelang resmi yang hanya dimiliki oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan RI yaitu lelang.go.id.

Selengkapnya pada penjelasan!

= = = = =
KATEGORI: Impostor Content/Konten Tiruan

= = = = =
SUMBER: Tangkapan Layar Tautan Link

= = = = =
NARASI:
“saya sangat senang membeli mobil di lelang internal ini mobil nya bagus baru.
Persyaratan gampang harga murah ayo kawan kunjungi LELANGINTERNAL.COM beli mobil dan barang di lelang internal ini.”

= = = = =
PENJELASAN:
Beredar sebuah situs mengatasnamakan lelang DJKN dengan tautan http://lelanginternal[dot]com/. Di dalam situs terdapat laman untuk memasukkan data pengguna anggota lelang internal dan menampilkan berbagai produk lelang. Tampilan situs tersebut dibuat mirip dengan tampilan situs aslinya.

Namun setelah ditelusuri, situs yang beredar adalah hoaks. Akun Instagram resmi DJKN @ditjenkn mengklarifikasi bahwa situs lelanginternal[dot]com bukan situs resmi lelang DJKN.

“📢📢📢Situs web lelang resmi hanya dimiliki oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan RI, yaitu : lelang.go.id✅”, tulis pihak DJKN pada 16 Maret 2022.

Pihak DJKN juga menegaskan situs palsu tersebut sudah dilaporkan ke pihak berwenang dan telah disuspend. Namun kepada masyarakat diharapkan selalu waspada terhadap penipuan lelang.

Dari keterangan tersebut dapat dilihat bahwa situs lelang mengatasnamakan DJKN ‘lelanginternal[dot]com’ adalah hoaks dengan kategori imposter content atau konten tiruan.

= = = = =
REFERENSI:
https://www.instagram.com/p/CbJd_3sBGwQ/?utm_medium=copy_link

https://www.instagram.com/p/CbMCAxaBnB-/?utm_medium=copy_link