[SALAH] Harimau Berkeliaran Di Perkebunan Sawit Di Riau

Hasil periksa fakta Ari Dwi Prasetyo.

Informasi tersebut tidak benar. Kepala Bidang KSDA Wilayah I, Andri Hansen Siregar menyatakan bahwa informasi tersebut tidak benar. Dia menyatakan bahwa kemunculan harimau tersebut sebenarnya terjadi di lokasi lain dan di luar Provinsi Riau. Lalu menurut penelusuran foto tersebut diambil dari halaman Facebook berbahasa Malaysia.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/Y4436
= = = = =

NARASI:
” Harimau Sumatera banyak di temukan oleh para warga di sekitar perkebunan kelapa sawit di kandis provinsi Riau….. Hati2 ho dek Viktor Samosir Siapudan”
= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook L Toruan mengunggah 3 gambar harimau yang sedang berkeliaran di area perkebunan sawit. Akun ini juga memberikan narasi bahwa gambar yang diunggah merupakan harimau sumatera yang banyak ditemukan warga di Kandis, Provinsi Riau.

Melansir oleh Merdeka.com, Kepala Bidang KSDA Wilayah I, Andri Hansen Siregar menjelaskan pihaknya sudah mengonfirmasi terkait gambar tersebut tidak benar. Menurut pihaknya menemukan ada beberapa postingan, dengan foto kemunculan harimau serupa, namun lokasinya berbeda.

“Itu hoax. Sudah kami bahas di internal kami, ada bebearapa informasi yang sama dengan lokasi yang berbeda. Yang sebenarnya terjadi di lokasi lain dan di luar Provinsi Riau,” kata Hansen.

Lalu foto yang diklaim sebagai harimau sumatera yang berkeliaran di perkebunan sawit di Kandis, Riau ini diketahui berasal dari halaman Facebook Terengganu Today yang menginformasikan mengenai harimau yang berkeliaran di daerah salah satu negara bagian di Malaysia yaitu Dungun, Terengganu.

Dengan demikian informasi harimau yang sedang berkeliaran di area perkebunan sawit di Kandis, Riau merupakan informasi yang tidak benar dan masuk dalam kategori konteks yang salah.

REFERENSI:
https://www.merdeka.com/peristiwa/viral-foto-harimau-berkeliaran-di-kebun-sawit-siak-bksda-riau-tegaskan-hoaks.html
https://kabar.sanggau.go.id/2022/03/21/disinformasi-foto-harimau-berkeliaran-di-kebun-sawit-di-kabupaten-siak-20-03-2022/. https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=1788679761337698&id=898461017026248