[SALAH] Video Mayat Propaganda NATO di Ukraina yang Sedang Merokok

Hasil periksa fakta Ari Dwi Prasetyo.

Klaim tersebut salah. Faktanya, pria yang merokok bersama tumpukan-tumpukan plastik dalam video itu hanyalah properti yang digunakan untuk pembuatan video klip lagu seorang rapper Rusia bernama Dmitry Nikolayevich Kuznetsov alias Husky yang berjudul “Never-Ever”.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

Kategori: Konten yang Menyesatkan

Sumber :

https://archive.vn/PS0Gy

Twitter

Narasi :

“HOAX Propaganda NATO di Ukraina mementaskan tumpukan kantong mayat di sebuah truk, yang diklaim sebagai mayat warga sipil, korban serangan Rusia. Namun, dari tumpukan kantong mayat itu ditemukan kejanggalan, dimana salah satu mayat masih sempat merokok”

PENJELASAN

Akun Twitter @SoftWarNews mengunggah sebuah video yang disertai dengan narasi adanya seorang pria jenazah warga sipil, korban serangan Rusia yang merokok di antara tumpukan mayat dalam plastik hitam lainnya, yang diklaim sebagai propaganda NATO di Ukraina. Video yang diunggah pada 17 Maret 2022 itu telah ditonton sebanyak 23 ribu kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, pria yang merokok dalam video itu bukanlah jenazah warga sipil, korban serangan Rusia. Beberapa tumpukan plastik hitam di sekitar pria itu adalah properti yang digunakan untuk pembuatan video klip lagu seorang rapper Rusia bernama Dmitry Nikolayevich Kuznetsov alias Husky yang berjudul “Never-Ever”. Cuplikan video itu dapat dilihat dalam highlight akun Instagram KIRILL (@kirill.groshev) yang bernama Husky | N-E.

Unggahan dengan klaim serupa sebelumnya pernah dibahas oleh Turn Back Hoax dalam artikel berjudul [SALAH] 200 Mayat Korban Covid-19 Sekali Kubur di Italia terbit pada 18 September 2020, [SALAH] Video “Lebih banyak mayat bertumpuk akibat COVID, tapi salah satunya menghisap rokok” yang terbit pada 6 Agustus 2021, dan [SALAH] Video Jenazah Covid-19 yang Sedang Merokok yang terbit pada 25 Oktober 2021.

Dari berbagai fakta di atas, unggahan akun Twitter @SoftWarNews dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan.

Referensi :

https://www.instagram.com/stories/highlights/18040163887300722/
https://turnbackhoax.id/2021/10/25/salah-video-jenazah-covid-19-yang-sedang-merokok/
https://turnbackhoax.id/2020/09/18/salah-200-mayat-korban-covid-19-sekali-kubur-di-italia/