[SALAH] Foto Jejak Kaki Janin di Perut Ibunya

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, foto tersebut merupakan hasil penyuntingan dan hoaks yang telah beredar sejak tahun 2004.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

====

Sumber: Twitter
https://archive.vn/ZI6Db

====

Narasi:

“What a stunning picture I was never quick enough to capture anything like this”

====

Penjelasan:
Akun Twitter HRH Lady LynnetteLock FBPE (@itsallymcmental) mengunggah cuitan berupa foto jejak kaki janin di perut seorang ibu pada 9 Maret 2022. Cuitan tersebut mendapat atensi berupa 3,9 ribu suka dan 324 retweet.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut adalah hoaks dari hasil penyuntingan foto dan telah beredar sejak tahun 2004. Meskipun sampai saat ini foto asli dari hoaks tersebut belum ditemukan, seorang ahli holtikultura bernama Steve Asbell berpendapat foto jejak kaki janin itu bukan foto sebenarnya dan hasil dari Photoshop.

“Use your common sense people. The uterus and all the layers of muscle, fat, and skin are too thick for the details of a tiny foot to show up. This is not real,” ujar Asbell yang dikutip dari daily dot.

Pendapat yang sama juga dilontarkan oleh Dr. Jennifer Gunter, ginekolog Kanada-Amerika. Melalui cuitan akun Twitter pribadinya (@DrJenGunter) pada 27 Desember 2018, ia menyebutkan bahwa foto itu telah disunting melalui Photoshop karena bentuk kaki janin yang aneh.

Dengan demikian, cuitan akun Twitter HRH Lady LynnetteLock FBPE (@itsallymcmental) dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi.

====

Referensi:

https://www.snopes.com/fact-check/fetal-footprint/

Editor: Bentang Febrylian