[SALAH] Video Situasi Terkini Perang Rusia Vs Ukraina

Hasil Periksa Fakta Ari Dwi Prasetyo.

Klaim tersebut salah. Faktanya, video tersebut merupakan video pertempuran tentara Afghanistan dan koalisi dalam memerangi pemberontak satu dekade yang lalu.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

= = =
Kategori: konteks yang salah

= = =

Sumber: Facebook
https://archive.fo/ncxJw

= = =
Narasi:
“The war between Rusia and Ukraine….”

[Terjemahan]
“perang antara Rusia dan Ukraina”

= = =
Penjelasan:
Sebuah video di media sosial Facebook diklaim sebagai situasi terkini dalam perang Rusia dan Ukraina yang menampilkan beberapa prajurit sedang bertempur dan kendaraan militer saling baku tembak.

Namun setelah ditelusuri, informasi tersebut salah. Dilansir oleh Indiatoday.in, video tersebut merupakan beberapa klip video dari Afghanistan satu dekade lalu. Dalam video tersebut memiliki beberapa bukti seperti terdapatnya bendera Afghanistan dan tulisan “Operation Creature Pan Kalay” di provinsi Kandahar, Afghanistan.

Lalu dalam video tersebut memiliki kemiripan dengan video yang diunggah oleh Channel Gung Ho Vids yang dalam di deskripsi menuliskan bahwa video tersebut merupakan rekaman pertempuran tantara Amerika Serikat termasuk saat helikopter melintasi Sungai Helmand ke Kajaki Sofla, Afghanistan yang direkam pada 3 Desember 2011.

Dengan demikian, video yang diunggah oleh Halaman Istima mengenai situasi perang Rusia dan Ukraina terkini merupakan konteks yang salah.

= = =
Referensi:

https://www.indiatoday.in/fact-check/story/fact-check-decade-old-videos-from-afghanistan-shared-as-fresh-footage-from-ukraine-invasion-1920416-2022-03-03

https://www.youtube.com/watch?v=aYTK1Q0xKIQ&list=WL&index=1

= = =