[SALAH] Ukraina Menjual Tank Bekas Rusia di Situs Ebay

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila

Hal tersebut tidak benar. Faktanya tidak ada penjualan tank bekas Rusia di situs ebay dan foto tersebut pernah diunggah pada tahun 2010 lalu.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = =

KATEGORI: satire atau parodi

= = = =

SUMBER:
Twitter
https://archive.fo/BiYbB

= = = =

NARASI:

(Narasi diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“Warga Ukraina menjual tank bekas Rusia di eBay #apadameinavsar”

= = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah narasi melalui akun Twitter @kelvin_op_ yang mengatakan bahwa warga Ukraina menjual tank bekas Rusia pada situs ebay. Narasi tersebut juga mencantumkan sebuah tangkapan layar yang menunjukkan bahwa terdapat tank bekas yang dijual di ebay seharga USD 400,000.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Faktanya tidak ada penjualan tank bekas di situs ebay. Selain itu, foto yang sama juga sudah pernah tersebar pada tahun 2010 lalu yang menunjukkan bahwa tank tersebut merupakan tank milik Rusia. Namun tidak ada informasi bahwa tank tersebut ditangkap dan dijual oleh Ukraina.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter @kelvin_op_ tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori satire atau parodi.

= = = =

REFERENSI:
https://m.medcom.id/telusur/cek-fakta/GbmaaQxb-cek-fakta-ukraina-jual-tank-bekas-rusia-di-situs-jual-beli-daring-ini-faktanya
https://www.snopes.com/fact-check/ukraine-used-tanks-ebay/

Penulis: Nadine Salsabila

Editor: Bentang Febrylian