[SALAH] Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Lebak Meminta Uang Rp15 Juta Melalui WhatsApp Dengan Nomor 081237862386

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani. Informasi tersebut salah. Faktanya, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Lebak, yaitu Dartim menegaskan bahwa nomor WhatsApp yang mengatasnamakan dirinya meminta sejumlah dana bukanlah nomor WhatsApp pribadinya.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Kategori: Konten Palsu

===

Sumber: WhatsApp

===
Narasi:
“Bpak juga ada perlu sedikit. Semoga bisa bantu bpak dlu hari ini sementara”.
“Iya gmana pak. Bapak dmana sekarang?. Apa yg bisa saya bantu”.
“Smenenta ada diluar ada kegiatan”.
“Luar rumah pak. Apa luar kantor”.
“Dilura kantor Kira2 ada dana yang bisa dipakai dlu”.
“Ada pak”.
“Ada sekitar rp 15 juta”.
“Ada. Gmana pak”.

===
Penjelasan:
Beberapa waktu lalu sempat beredar informasi terkait dengan munculnya akun WhatsApp bernomor 081237862386 dengan mengatasnamakan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Lebak, yaitu Dartim yang meminta bantuan dana sejumlah Rp15 juta kepada beberapa pihak untuk keperluan tertentu.

Namun melansir dari banten.suara.com, Dartim menegaskan bahwa ia baru mengatahui informasi terkait dengan pencatutan namanya dalam hal meminta sejumlah dana kepada beberapa pihak yang dilakukan oleh oknum tertentu.

Selain itu, melansir dari satelitnews.id, ia juga menegaskan bahwa nomor WhatsApp yang mengatasnamakan dirinya bukanlah nomor WhatsApp pribadinya. Serta ia juga menambahkan bahwa kejadian pencatutan namanya untuk meminta sejumlah dana seperti itu bukanlah kejadian pertama, tetapi pencatutan namanya dengan meminta sejumlah dana yang belum lama ini terjadi merupakan kejadian yang ketiga kalinya.

Atas dasar tersebut, maka Dartim mengimbau kepada semua masyarakat jika menerima pesan singkat atau telepon yang mengatasnamakan dirinya dengan meminta sesuatu agar segera melakukan koordinasi ataupun mencari tahu terlebih dahulu kebenaran dari nomor telepon yang mengatasnamakan dirinya, apakah nomor tersebut merupakan nomor telepon pribadinya atau bukan.

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Lebak meminta uang Rp15 juta melalui WhatsApp dengan nomor 081237862386 ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori konten palsu.

Referensi:
https://banten.suara.com/read/2022/02/26/075705/viral-chat-kasatpol-pp-lebak-minta-uang-rp15-juta-beredar-faktanya
https://www.satelitnews.id/64922/waspada-wa-penipu-catut-nama-kasatpol-pp-lebak-minta-uang-rp-15-juta/
https://kabar6.com/pakai-foto-kasatpol-pp-lebak-nomor-wa-ini-minta-uang-belasan-juta-ke-pengusaha-tambak-udang/

Penulis: Novita Kusuma Wardhani
Editor: Bentang Febrylian