[SALAH] Foto Pilot Tempur Perempuan Pertama Ukraina yang Tewas saat Invasi Rusia

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR

Bukan pilot. Foto tersebut adalah Tentara perempuan yang memenangkan kontes kecantikan yang diadakan oleh Militer Ukraina pada tahun 2016. Sedangkan pilot tempur perempuan pertama Ukraina dikabarkan masih hidup.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: Konteks yang Salah

=====

SUMBER: Twitter

https://archive.vn/F1zyz

=====

NARASI:
Ukraine’s first female fighter pilot died after being severely injured today. 😥
Первая в Украине женщина-летчик-истребитель погибла 😥 после тяжелого ранения сегодня

#StandWithUkraine #Kiev #Ukrane #Ukrania #Russia

=====

PENJELASAN:
Beredar postingan di Twitter oleh akun bernama @naremansalam yang membagikan postingan disertai foto seorang wanita menggunakan seragam militer. Dalam postingannya, @naremansalam mengklaim bahwa wanita dalam foto tersebut adalah pilot tempur wanita pertama Ukraina yang dikabarkan tewas saat serangan invasi Rusia.

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, klaim @naremansalam adalah PALSU. Dilansir dari website Kementrian Pertahanan Ukraina, wanita yang ada di foto adalah Tentara Ukraina bernama Olesia Vorobei. Saat itu Vorobei yang menjadi prajurit tingkat satu telah memenangkan kontes kecantikan yang diadakan oleh Militer Ukraina.

Sedangkan pilot tempur wanita pertama Ukraina bernama Nadiya Savchenko. Nadiya saat ini berkarir sebagai politisi Ukraina. Sampai saat ini belum ada kabar bahwa Nadiya tewas dalam konflik Ukraina-Rusia.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim @naremansalam adalah tidak benar dan termasuk kategori Konteks yang Salah.

=====

REFERENSI:
https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.324C7PL

https://www.mil.gov.ua/news/2016/10/12/laureatom-konkursu-krasun-u-pogonah-slava-geroinyam!-u-luganskij-oblasti-stala-uchasnik-ato-starshij-soldat-olesya-vorobej/

=====

Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian