[SALAH] Seorang Nenek yang Memegang Kucing Mengacungkan Jari Tengah kepada Tentara Russia

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Informasi yang salah. Foto yang menunjukkan seorang nenek yang membawa kucingnya dan mengacungkan jari tengah tidak ditujukan kepada tentara Rusia. Foto tersebut merupakan meme yang beredar sejak 2014.

=====

KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH / FALSE CONTEXT

=====

Sumber: Facebook
https://archive.ph/Xo1eX

=====

Narasi:
(Diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia)

“Wanita Ukraina dengan kucing ini melawan tentara Rusia. Dia adalah pahlawanku!”.

=====

Penjelasan:
Akun Facebook Sanjeev Kohli mengunggah foto yang memperlihatkan seorang nenek dengan kucingnya yang memberikan jari tengah. Foto tersebut diklaim sebagai seorang nenek dari Ukraina yang mengekspresikan kebenciannya terhadap tentara Rusia.

Unggahan tesebut telah dibagikan ulang sebanyak hampir 10,000 kali dan disukai oleh 1,400 orang. Terdapat 80 orang yang juga memberikan komentar.

Berdasarkan hasil penelurusan, foto tersebut tidak ada hubungannya dengan ketegangan Ukraina-Rusia. Akun Facebook dengan nama Cult of Bastet telah mengunggah foto yang sama pada 17 Juli 2014. Penjelsan dari unggahan Cult of Bastet juga mengindikasikan bahwa foto tersebut hanya sebuah meme.

Penjelasannya tertulis sebagai berikut:
“Things have been a little crazy here at CoB HQ but here is a photo of what I will look like in my old age #noisecats #meancatlady #fuckit”.

Informasi serupa juga pernah dibahas oleh India Today dengan judul “Fact Check: No, this old woman is not giving invading Russian soldiers the finger” dan mengkategorikannya sebagai Absolutely False.

Dengan demikian, penjelasan foto yang ditulis Sanjeev Kohli merupakan konteks yang salah / false context.

=====

Referensi:
https://www.facebook.com/bastetcultus/photos/a.591290247655928/608688969249389


https://www.indiatoday.in/fact-check/story/fact-check-russia-ukraine-war-old-woman-not-giving-invading-russian-soldiers-the-finger-1920479-2022-03-04