[SALAH] Protes di Depan Gedung Putih Sebagai Bentuk Dukungan kepada Ukraina

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Informasi yang salah. Video yang menunjukkan protes warga untuk mendukung Ukraina tidak terjadi di depan Gedung Putih, tetapi di Kramatorsk, Ukraina.

=====

KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH / FALSE CONTEXT

=====

Sumber: Twitter
https://web.archive.org/web/20220307093803/https://twitter.com/ImRohan__/status/1496668221772288000

=====

Narasi:
(Diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia)

“Di luar Gedung Putih, orang-orang protes sebagai bentuk dukungan untuk Ukraina, mereka mengatakan bahwa apa yang dilakukan Rusia tidak benar. #Ukraine #Russia #UkraineRussiaCrisis”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @ImRohan_ (Rohan Gupta) menyebarluaskan video melalui cuitannya yang memperlihatkan ratusan warga berdemo sebagai bentuk dukungan untuk Ukraina. Video tersebut diklaim terjadi di depan Gedung Putih.

Cuitan tersebut telah dibagikan ulang sebanyak 300 kali dan disukai oleh 730 orang. Pada kolom komentar, banyak pengguna Twitter lain yang berkomentar.

Berdasarkan hasil penelurusan, video protes tersebut tidak berlokasi di depan Gedung Putih, melainkan di Kota Kramatorsk, Ukraina. Informasi ini dikonfirmasi oleh artikel yang diunggah oleh portal berita Ukraina, TCH Ukraine. Pada berita tersebut tertulis penjelasan sebagai berikut:

“In the center of Kramatorsk, the crowd sings the anthem of Ukraine.”

Informasi serupa juga pernah dibahas oleh India Today dengan judul “Fact Check: No, this is not Americans protesting in support of Ukraine in front of the White House”.

Dengan demikian, penjelasan video yang ditulis oleh @ImRohan_ tersebut adalah konteks yang salah / false context.

=====

Referensi:
https://tsn.ua/ukrayina/mi-ne-hochemo-zhiti-v-dnr-u-kramatorsku-vlashtuvali-patriotichniy-miting-foto-video-1985548.html


https://www.indiatoday.in/fact-check/story/no-this-is-not-americans-protesting-in-support-of-ukraine-in-front-of-the-white-house-1917507-2022-02-24