[SALAH] Foto Serangan Udara yang Menunjukkan Serangan Invasi Rusia di Ukraina 24 Februari Lalu

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Informasi yang salah. Foto ledakan dari serangan udara tersebut merupakan serangan udara dari Israel di jalur Gaza pada 10 Mei 2021, bukan invasi Rusia di Ukraina pada 24 Februari 2022.

=====

KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH / FALSE CONTEXT

=====

Sumber: Facebook
https://archive.ph/MA3Aw

=====

Narasi:
(Diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia):

“PERANG DUNIA KETIGA: Rusia baru saja menyerang Ukraina dan negara-negara bersatu kembali”.

=====

Penjelasan:
Akun Facebook Jovens Cantores mengunggah foto yang memperlihatkan ledakan dari serangan udara. Foto yang diunggah pada 25 Februari lalu tersebut diikuti dengan penjelasan bahwa itu adalah serangan Rusia ke Ukraina tahun ini.

Unggahan tersebut telah dibagikan ulang sebanyak 840 kali, dan disukai oleh 4,200 orang. Selain itu, terdapat hampir 800 orang yang berkomentar.

Berdasarkan hasil penelurusan, foto tersebut tidak berlokasi di Ukraina, melainkan di jalur Gaza. Portal berita Daily Beast mengunggah artikel dengan foto yang sama dengan judul artikel “Violent Jarusalem Clashes Just the Start of Bloody Days to Come”.

Selain itu, penjelasan foto serupa di Getty Images juga menunjukkan bahwa kejadian di foto tersebut merupakan serangan udara dari Israel di jalur Gaza yang diambil pada 10 Mei 2021. Penjelasannya berbunyi sebagai berikut:

“A picture shows Israeli airstrikes in the Gaza Strip, controlled by the Palestinian Islamist movement Hamas, on May 10, 2021”.

Informasi serupa juga pernah dibahas oleh USA Today dengan judul “Fact check: Photo shows airstrike in Gaza Strip, not Russian invasion of Ukraine” dan mengkategorikannya sebagai False.

Dengan demikian, penjelasan dari foto yang diunggah oleh Jovens Cantores tersebut adalah konteks yang salah / false context.

=====

Referensi:
https://www.thedailybeast.com/violent-jerusalem-clashes-just-the-start-of-bloody-days-to-come?ref=home


https://www.gettyimages.com/detail/news-photo/picture-shows-israeli-air-strikes-in-the-gaza-strip-news-photo/1232810997?adppopup=true


https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2022/02/24/fact-check-gaza-strip-not-ukraine-pictured-explosion-photo/6922317001/