[SALAH] Foto Kecelakaan Truk Pengangkut Rudal yang Dikirim Indonesia untuk Rusia

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Bukan foto kecelakaan truk pengangkut rudal. Foto tersebut merupakan foto kecelakaan truk pengangkut paku bumi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Parodi/Satire

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/00git

= = = = =

NARASI:

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“Rudal yang kemarin di kirim Indonesia untuk membantu rusia,.. Kecelakaaan !! .. untung saja hulu ledaknya sudah di jinakkan …selamat,selamat selamatt”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook dengan nama pengguna “Nde Kirangan” (https://www.facebook.com/ndekira) mengunggah sebuah foto yang menunjukkan sebuah truk pengangkut barang terguling di tengah jalan. Unggahan tersebut juga disertai keterangan yang menyatakan bahwa foto tersebut merupakan foto kecelakaan truk pengangkut rudal yang dikirimkan Indonesia untuk membantu Rusia.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut bukan merupakan foto kecelakaan truk pengangkut rudal, melainkan merupakan foto kecelakaan truk pengangkut paku bumi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Foto yang sama dapat ditemukan dalam artikel berjudul “Paku Bumi Berserakan di Priok” yang dimuat oleh detikNews pada 30 Januari 2018 lalu.

Narasi terkait bantuan rudal Indonesia untuk Rusia juga pernah beredar sebelumnya. Artikel dengan topik tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id dengan judul artikel “[SALAH] Video “Indonesia mengirim bantuan Rudal Ballistrik ke Rusia”” yang diunggah pada 5 Maret 2022.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna “Nde Kirangan” (https://www.facebook.com/ndekira) tersebut dapat dikategorikan sebagai Parodi/Satire.

= = = = =

REFERENSI:

https://news.detik.com/foto-news/d-3840425/paku-bumi-berserakan-di-priok

https://turnbackhoax.id/2022/03/05/salah-video-indonesia-mengirim-bantuan-rudal-ballistrik-ke-rusia/

Penulis: Khairunnisa A.
Editor: Bentang Febrylian