[SALAH] Video Pertempuran Pesawat Ukraina dan Pesawat Rusia

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini.

Bukan video yang mendokumentasikan kejadian sebenarnya. Video tersebut merupakan hasil simulasi Digital Combat Simulator, yaitu sebuah permainan pertempuran digital yang dikembangkan oleh perusahaan Eagle Dynamics.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: TikTok
http://web.archive.org/web/20220303041639/https://www.tiktok.com/@pongpathuanarat/video/7068554638647119131

= = = = =

NARASI:

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“Pertempuran Antara MIG29 vs SU27. #ukraina”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun TikTok dengan nama pengguna “pongpathuanarat” mengunggah sebuah video yang menunjukkan pertempuran antara dua pesawat tempur. Unggahan tersebut juga disertai dengan narasi yang menyatakan bahwa kejadian dalam video tersebut merupakan pertempuran antara pesawat tempur MIG29 milik Ukraina dengan SU27 milik Rusia.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut tidak mendokumentasikan kejadian sebenarnya. Video tersebut merupakan hasil simulasi Digital Combat Simulator (DCS), yaitu sebuah permainan pertempuran digital yang dikembangkan oleh perusahaan Eagle Dynamics. Melansir dari Reuters, juru bicara Eagle Dynamics, Matthias Techmanski, telah mengonfirmasi bahwa video yang beredar memang merupakan hasil simulasi dari DCS.

Lebih lanjut, video serupa juga telah diunggah oleh kanal YouTube “Comrade_Corb” pada 25 Februari 2022, dengan judul video “GHOST OF KIEV KILL | dogfight between Ukrainian MiG209 and Russian Su27 simulated in DCS World”.

Dengan demikian, video yang diunggah oleh akun TikTok dengan nama pengguna “pongpathuanarat” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.youtube.com/watch?v=SBBJ_JzV8u4 (https://archive.ph/SREYC)

https://www.reuters.com/article/factcheck-animation-ukrainianjet-idUSL1N2V035G

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian