[SALAH] Puluhan Umat Kristiani di Ukraina Berdoa di Tengah Jalan Bersalju di Tengah Konflik Ukraina – Rusia Tahun Ini

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Informasi yang salah. Gambar yang memperlihatkan umat Kristiani Ukraina berdoa di tengah jalan bukan karena ketegangan Rusia dan Ukraina tahun ini. Foto tersebut diambil pada 2019.

=====

KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH / FALSE CONTEXT

=====

Sumber: Facebook
https://archive.ph/5gfst

=====

Narasi:
(Diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia):
“Para umat Kristen Ukraina berdoa di luar rumah, di tengah salju, untuk negara mereka di fase perang berbahaya ini. Besok akan menjadi hari puasa dan berdoa yang diatur oleh gereja lokal resmi di Ukraina.”

=====

Penjelasan:
Akun Facebook Anthony Caputi mengunggah foto yang memperlihatkan puluhan warga Kristen Ukraina berdoa di tengah salju. Foto tersebut diunggah pada 19 Februari lalu, saat ketegangan antara Rusia dan Ukraina sedang memanas.

Unggahan tersebut telah dibagikan ulang sebanyak 13,000 kali, dan disukai oleh 3,000 orang. Selain itu, terdapat puluhan pengguna Facebook lain yang memberikan komentar.

Berdasarkan hasil penelurusan, foto tersebut tidak diambil pada Februari lalu. Terdapat banyak pengguna Facebook dan Twitter yang telah menyebarkan foto tersebut sejak 2019. Menurut tulisan pada blog God Reports, foto tersebut berlokasi di Kharkov, Ukraina, dan para warga Kristen Ukraina telah melakukan ritual doa tersebut sejak 2014.

Penjelasan pada blog tersebut berbunyi sebagai berikut:

“Ukrainian believers have been kneeling and praying – often in frigid temperatures – in Kharkov’s city square every morning for five years”.

Informasi serupa juga pernah dibahas oleh USA Today dengan judul “Fact check: Facebook users share old photo of praying Ukrainians amid Russian invasion” dan mengkategorikannya sebagai Missing Context.

Dengan demikian, penjelasan dari foto yang diunggah oleh Anthony Caputi tersebut adalah konteks yang salah / false context.

=====

Referensi:
https://www.godreports.com/2019/10/why-have-these-ukrainians-been-praying-every-day-on-their-knees-for-five-years/


https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2022/02/24/fact-check-praying-ukrainians-photo-least-two-years-old/6871441001/