[SALAH] Link untuk Mengecek Undian BRI

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Link tersebut tidak benar. Faktanya, website resmi BRI adalah bri.co.id dan merupakan hoaks lama yang dimodifikasi kembali.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu

= = = = =

SUMBER: Whatsaap
arsip link (https://archive.ph/dF6PE)
https://bit[dot]do/GEBYARBRIPOIN2022

= = = = =

NARASI:
“Panen Hadiah Simpedes BritAma 2022

Terimakasih kepada seluruh Nasabah Bank Rakyat Indonesia yang telah mempercayakan kebutuhan perbankannya dengan kami. Buat Sobat BRI yang punya Tabungan BRI Simpedes BritAma dan terus ningkatin saldo nya, yuk kita ikutin pengundian Panen Hadiah Simpedes BritAma 2022, Caranya mudah, Nasabah Tabungan BRI Simpedes BritAma yang memiliki Saldo Minimal Rp. 100rb setiap bulannya akan mendapat kesempatan ikut undian tersebut, Semakin banyak saldonya semakin besar kesempatannya, Di tengah banyaknya pilihan untuk memenuhi kebutuhan perbankan,Corporate Secretary Bank BRI, menjelaskan bahwa PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk ditunjuk untuk menyalurkan Dana program undian PESTA PANEN BRI”
= = = = =

PENJELASAN:
Beredar lewat Whatsapp link untuk mengecek undian pesta panen BRI. Link tersebut diperuntukkan bagi nasabah yang mendapatkan SMS undian pesta panen BRI.

Setelah ditelusuri pada akun Twitter BRI yaitu @kontakBRI pada postingan 26 September ditemukan informasi mengenai website resmi BRI yaitu bri.co.id. Jika diperhatikan alamat link pada Whatsapp berbeda dengan link resmi BRI. Lebih lanjut pada website turnbackhoax.id ditemukan beberapa artikel periksa fakta tentang link yang mengatasnamakan BRI salah satunya berjudul “[SALAH] Link Kuesioner Ulang Tahun BRI ke 120 Tahun” pada 29 Oktober 2021.

Dengan demikian link yang beredar di Whatsapp tidak benar. Hal tersebut merupakan hoaks lama yang telah dimodifikasi kembali dan website BRI yang resmi adalah bri.co.id sehingga masuk dalam kategori konten palsu.

REFERENSI:
https://twitter.com/kontakbri/status/1442362125653970947
https://bri.co.id/
https://turnbackhoax.id/2021/10/29/salah-link-kuesioner-ulang-tahun-bri-ke-120-tahun/

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian