[SALAH]: Yaqut Berpura-pura Jadi Mualaf Agar Menjadi Mentri Melalui NU

Bukan Mualaf. Dikutip dari laman situs nu.or.id, Gus Yaqut lahir di Rembang, 4 Januari 1975. Ia tumbuh di lingkungan religius, yakni di Pondok Pesantren Raudhatut Thalibin, Leteh, Rembang, Jawa Tengah.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: FACEBOOK (https://archive.fo/kDcJu)

======

[PENJELASAN]:

Akun Facebook bernama Dede Pratama Nasution mengunggah video berdurasi 3 menit 25 detik berisi klaim yang menyebutkan bahwa Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas merupakan seorang Kristen radikal yang berpura-pura menjadi mualaf supaya bisa menjadi Menteri melalui NU.

Berdasarkan penelusuran, klaim tersebut merupakan hoaks lama yang kembali beredar. dikutip dari laman situs nu.or.id, Gus Yaqut lahir di Rembang, 4 Januari 1975. Ia tumbuh di lingkungan religius, yakni di Pondok Pesantren Raudhatut Thalibin, Leteh, Rembang, Jawa Tengah.

Ia dibimbing dan dibina langsung ayahandanya yang merupakan ulama terkemuka asal Rembang, KH Cholil Bisri, kakak KH Ahmad Mustofa Bisri.

Selain itu, Yaqut Cholil, merupakan pendiri dari organisasi Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Depok.

Selain itu, Menag Yaqut Cholil, atau biasa disapa Gus Yaqut juga pernah mengabdikan dirinya sebagai Ketua Umum PP GP Ansor periode 2015-2020. Saat itu Gus Yaqut secara resmi dilantik pada Kongres XV di Pondok Pesantren Pandanaran, Yogyakarta.

Hoaks serupa juga sudah pernah beredar pada Mei 2021 lalu dan telah diverifikasi di laman turnbackhoax.id dengan artikel berjudul “[SALAH] Menteri Agama Yaqut Cholil Berasal dari Kelompok Kristen Radikal”.

======

REFERENSI:

https://serangnews.pikiran-rakyat.com/cek-fakta/pr-1203877132/cek-fakta-heboh-yaqut-cholil-qoumas-pura-pura-jadi-mualaf-agar-jadi-menteri-lewat-nu-ini-faktanya?page=2

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4550575/cek-fakta-tidak-benar-menteri-agama-yaqut-cholil-qoumas-berasal-dari-kelompok-kristen-radikal

https://www.nu.or.id/nasional/profil-yaqut-cholil-qoumas-menteri-agama-yang-baru-YLhF8