[SALAH] Video Gambaran Serangan Rusia ke Ukraina

Hasil periksa fakta Fathia IS.

Klaim yang salah. Faktanya, rekaman tersebut bukan gambaran asli invasi Rusia di Ukraina pada Februari 2022, itu berasal dari video game Arma 3.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

= = =
Kategori: Konteks yang Salah

= = =
Sumber: Facebook
https://bit.ly/3vjNPo9

[Arsip Sumber]
https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2022/02/SALAH-Video-Gambaran-Serangan-Rusia-ke-Ukraina.png

= = =
Narasi:
“OMG!!! Russia just attacked Ukraine! Look at this footage 🤯
BREAKING NEWS: RUSSIA JUST ATTACKED UKRAINE! 😢”

[Terjemahan]
“YA TUHAN!!! Rusia baru saja menyerang Ukraina! Lihat cuplikan ini
BREAKING NEWS: RUSIA HANYA MENYERANG UKRAINA!”

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah video di media sosial yang menunjukkan tembakan dan serangan yang diklaim merupakan serangan dari Rusia kepada Ukraina.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, dilansir dari Reuters, video tersebut merupakan cuplikan dari video game Arma 3 yang telah dibagikan secara online dan diklaim seolah-olah menggambarkan invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari 2022.

Arma 3 adalah video game simulator militer yang dikembangkan oleh Bohemia Interactive (www.arma3.com/). Ini bukan pertama kalinya footage dari game ini disalahartikan seolah-olah menunjukkan konflik dunia nyata, termasuk di Ukraina.

Menurut Reuters, simulasi Arma 3 ini juga pernah digunakan sebagai klaim adegan tembakan di Israel, atau mengklaim menunjukkan Lembah Panjshir di Afghanistan.

Dengan demikian rekaman yang menunjukkan gambaran serangan invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022 itu merupakan informasi yang salah dan termasuk ke dalam kategori konteks yang salah.

= = =
Referensi:

  1. https://www.reuters.com/article/factcheck-ukraine-arma-3/fact-check-footage-purporting-to-show-russian-attacks-in-ukraine-come-from-videogame-simulation-idUSL1N2UZ4DU
  2. https://www.youtube.com/watch?v=5nrb59rGiDc
  3. https://turnbackhoax.id/2022/02/24/salah-video-rusia-vs-ukraina/
  4. https://turnbackhoax.id/2020/11/27/salah-video-serangan-udara-yang-dilakukan-tentara-india-di-pok-pakistan-occupied-kashmir/
  5. https://turnbackhoax.id/2022/01/03/false-planes-crashed-again-when-china-failed-to-launch-airstrikes-near-taiwan/
  6. https://turnbackhoax.id/2020/10/22/salah-video-sistem-pertahanan-udara-armenia-menghadapi-mi-25-azerbaijan-wilayah-udara-mereka-di-penuhi-kembang-api-09-oktober-2020/

= = =
Editor: Bentang Febrylian