[SALAH] Portal Berita Daily Mirror Menyebarluaskan Informasi Bahwa Penggunaan Mainan Seks Meningkatkan Resiko Serangan Jantung Bagi Wanita

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Informasi yang salah. Tangkapan layar yang menunjukkan portal Daily Mirror menulis berita mengenai hubungan mainan seks dan resiko serangan jantung bagi wanita bukan merupakan judul artikel asli. Judul asli dari artikel tersebut adalah “12 best Valentine’s Day sex toys: Must-have vibrators and more to gift yourself or your lover”.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

Sumber: Twitter
https://web.archive.org/web/20220223021444/https://twitter.com/ConceptualJames/status/1492687167491133440?ref_src=twsrc%5Etfw%7Ctwcamp%5Etweetembed%7Ctwterm%5E1492687167491133440%7Ctwgr%5E%7Ctwcon%5Es1_&ref_url=https%3A%2F%2Fwww.reuters.com%2Farticle%2Ffactcheck-britain-newspaper-idUSL1N2UW112

=====

Narasi:

(Diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia):
“Kekhawatiran tumbuh karena adanya hubungan antara penggunaan mainan seks dan serangan jantung pada wanita”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @ConceptualJames (James Lindsay, wants to liberate Canada) mengunggah tangkapan layar dari portal berita Daily Mirror yang menginformasikan adanya hubungan antara penggunaan mainan seks dengan serangan jantung bagi wanita. Berdasarkan unggahan @ConceptualJames, berita tersebut ditulis pada 26 Januari 2022.

Cuitan tersebut telah dibagikan ulang sebanyak lebih dari 700 kali dan telah disukai oleh 3,000 orang. Selain itu, terdapat ratusan pengguna Twitter yang memberikan komentar.

Berdasarkan hasil penelurusan, tangkapan layar tersebut bukan merupakan artikel asli yang ditulis Daily Mirror. Artikel yang ditulis pada tanggal yang sama dan memiliki gambar yang sama berjudul “12 best Valentine’s Day sex toys: Must-have vibrators and more to gift yourself or your lover”, dan bukan membahas mengenai hubungan mainan seks dengan serangan jantung.

Informasi serupa juga pernah dibahas oleh Reuters dengan judul “Fact Check – Newspaper headline about a link between sex toys and heart attacks is digitally altered” dan mengkategorikannya sebagai Altered.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @ConceptualJames merupakan konten yang dimanipulasi karena informasi atau gambar yang asli sengaja dimanipulasi untuk menipu.

=====

Referensi:
https://dailymirror.org/money/shopping-deals/best-valentines-day-sex-toys-23408272


https://www.reuters.com/article/factcheck-britain-newspaper/fact-check-newspaper-headline-about-a-link-between-sex-toys-and-heart-attacks-is-digitally-altered-idUSL1N2UW112