[SALAH] Video Tanggul Kali Pemali Brebes Jebol pada 13 Februari 2022

hasil periksa fakta Rahmah a n (UIN sunan ampel Surabaya).

Faktanya, video tersebut merupakan video yang terjadi pada tahun 2018.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konteks yang Salah

====

Sumber: Facebook
https://www.facebook.com/warsim.acim.106/posts/645528836778746 https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2022/02/Warsim-Acim-kali-pemali-jebol-desa-terlangu-_-Facebook.pdf

====

Narasi:

“kali pemali jebol desa terlangu”

====

Penjelasan:
Akun Facebook Warsim Acim mengunggah sebuah video dengan dengan narasi tanggul kali pemali Desa Terlangu jebol pada 13 Februari 2022. Video berdurasi 30 detik menggambarkan seorang warga yang bercerita terkait kondisi akibat tanggul yang jebol.

Berdasarkan hasil penelusuran, waktu kejadian dalam video adalah salah. Faktanya video tanggul kali pemali jebol terjadi pada tahun 2018. Dilansir dari aboutcirebon.id, ditemukan artikel terbit pada (12/02/18) dengan judul ‘Tanggul Kali Pemali Jebol, 3 Kecamatan di Brebes Banjir’ yang menampilkan video serupa. Dalam artikel dijelaskan bahwa penyebab tanggul di Desa Telangu jebol adalah akibat hujan deras yang terjadi selama satu malam pada waktu itu sehingga dua titik tanggul di Desa Terlangu tidak kuat menahan derasnya air hingga mengalir menggenangi rumah warga.

Dari penjelasan di atas, unggahan Akun Facebook Warsim Acim dengan klaim video tanggul jebol diunggah pada (13/02/22) dapat dikategorikan sebagai konteks yang salah.

====
Referensi:

Tanggul Kali Pemali Jebol, 3 Kecamatan di Brebes Banjir

https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3862709/banjir-rendam-3-kecamatan-di-brebes-2-warga-tewas

https://www.instagram.com/p/CZ6gcCKPlxO/?utm_medium=copy_link