[SALAH] Foto “guru cantik yang memperkosa siswanya berkali-kali”

BUKAN pelaku pemerkosaan. Wanita di foto yang dimuat di artikel itu adalah caleg dari Daerah Pemilihan 3 Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, yang menjadi pelaku pengedar sabu-sabu ketika ditangkap oleh Reserse Narkoba Polres Cirebon pada awal Desember 2018.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Beredar artikel berjudul “Guru cantik (33) p3rkos4 siswanya (16) berkali-kali Dirumah, dimobil dan ditempat parkir. Bahkan sempat membuat video. Siswa masih polos, orang tua melapor tidak terima.” yang dimuat di situs info-kini[dot]my.id pada Februari 2022. Artikel ini memuat foto seorang wanita yang mengenakan baju tahanan orange yang sedang dikawal petugas kepolisian.

Sumber: https://archive.ph/TfKwa (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, foto seorang wanita yang mengenakan baju tahanan orange yang sedang dikawal petugas kepolisian yang diklaim sebagai guru yang memperkosa siswanya berkali-kali merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, bukan pelaku pemerkosaan. Wanita di foto yang dimuat di artikel itu adalah caleg dari Daerah Pemilihan 3 Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, yang menjadi pelaku pengedar sabu-sabu ketika ditangkap oleh Reserse Narkoba Polres Cirebon pada awal Desember 2018.

Berdasarkan hasil penelusuran menggunakan Google Reverse Images, foto yang identik dimuat di artikel berjudul “Pantau Video: Caleg Kabupaten Kuningan Dibekuk Polisi Saat Edarkan Narkoba” yang terbit di situs pantau.com pada 22 Desember 2018.

Dilansir dari artikel ini, anggota calon legislatif (Caleg) dari Daerah Pemilihan 3 Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, berinisial RV (31), dibekuk Reserse Narkoba Polres Cirebon. Caleg dari daerah pemilihan III (daerah pemilihan Kecamatan Ciawigebang, Cidahu, Kalimanggis, Meleber, Lebakwangi dan Cipicung) Kuningan ini terjerat dalam Operasi Anti Narkotik Lodaya.

Selain itu, foto yang identik terkait penangkapan caleg ini juga dimuat di artikel berjudul “Caleg Cantik Ini Ditangkap saat Transaksi Sabu” yang terbit di situs daerah.sindonews.com pada Kamis, 20 Desember 2018.

REFERENSI
https://www.pantau.com/topic/visual/pantu-video-caleg-kabupaten-kuningan-dibekuk-polisi-saat-edarkan-narkoba
https://daerah.sindonews.com/berita/1364433/174/caleg-cantik-ini-ditangkap-saat-transaksi-sabu

About Adi Syafitrah 1334 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo