[SALAH] BPJS Kesehatan Berikan Dana Bantuan Rp100 Juta

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila

Hal tersebut tidak benar. Melalui akun Facebook resmi BPJS Kesehatan, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc.,Ph.D., AAK mengatakan bahwa pihak BPJS tidak pernah memberikan dana apapun, baik dalam bentuk bantuan dana maupun hadiah.

= = = =

KATEGORI: Imposter content atau konten tiruan

= = = =

SUMBER:
Tangkapan layar Whatsapp
https://archive.ph/TItSP

= = = =

NARASI:

“➡️ Penerima Dana Bantuan BPJS di Wajibkan Melakukan Pembayaran Dana Jaminan Sementara Rp.300,000

➡️ Bagi Penerima Dana Bantuan BPJS harap jangan salah di pahami, Mengenai Masalah Pungsinya DANA JAMINAN Tersebut Hanya formalitas Untuk kami Jadikan Bukti Yang SAH Sebagai Penerima Dana Bantuan BPJS, Ketentuan ini Resmi dan di Pertanggung jawabkan Oleh Pihak Pencairan BPJS.

➡️ dan DANA JAMINAN hanya Sementara 10-30 menit paling lambat setelah bukti yang Rp.300,000 sudah kami terima jadi total Dana yang di Cairkan kerekening anda total Rp.100,300.000,-“

= = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah narasi melalui pesan Whatsapp yang mengatakan bahwa terdapat dana bantuan dari BPJS Kesehatan senilai Rp100 juta. Narasi tersebut juga menjelaskan skema pemberian hadiah yaitu penerima hadiah memberikan jaminan terlebih dahulu senilai Rp300 ribu.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Melalui akun Facebook resmi BPJS Kesehatan, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc.,Ph.D., AAK mengatakan bahwa pihak BPJS tidak pernah memberikan dana apapun, baik dalam bentuk bantuan dana maupun hadiah. Ia juga mengatakan bahwa segala jenis informasi BPJS kesehatan hanya dapat diakses dari situs resmi bpjs-kesehatan.go.id, nomor Pusat Layanan 1500 400 dan sosial media resmi BPJS yang telah terverifikasi dengan tanda centang biru. Hasil periksa fakta dengan narasi serupa juga sudah diunggah pada laman turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] SMS Hadiah dari BPJS Kesehatan Sebesar Rp75 Juta”.

Dengan demikian, narasi pada pesan Whatsapp yang menginformasikan terdapat dana bantuan dari BPJS Kesehatan senilai Rp100 juta tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori imposter content atau konten tiruan.

= = = =

REFERENSI:
https://turnbackhoax.id/2021/11/19/salah-sms-hadiah-dari-bpjs-kesehatan-sebesar-rp75-juta/
https://m.medcom.id/telusur/cek-fakta/ob34x85k-cek-fakta-benarkah-bpjs-berikan-dana-bantuan-rp100-juta-ini-faktanya

Penulis: Nadine Salsabila

Editor: Bentang Febrylian