[SALAH] Bahasa Korea Telah Diadopsi Sebagai Bahasa Resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

Hasil periksa fakta Fathia IS.

Informasi tersebut salah. Faktanya, seorang juru bicara Kantor Subregional PBB untuk Asia Timur dan Timur Laut (UNESCAP) mengatakan Bahasa resmi PBB adalah Inggris, Prancis, Rusia, Cina, Spanyol, dan Arab, bahasa Korea belum diadopsi sebagai bahasa resmi.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

= = =
Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =
Sumber: Facebook
https://archive.vn/uy2I7#selection-1913.0-1971.10

= = =
Narasi:
Terjemahan dari Bahasa Korea
“#Korean_UN_official language_adopsition

Status _Korea yang hanya orang Korea _tidak tahu #media reform

(keriting)
Bahasa Korea telah diadopsi sebagai bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa.
Saat ini, menurut peraturan PBB, bahasa Inggris, Prancis, Cina, Spanyol, Rusia, dan Arab adalah satu-satunya bahasa resmi yang digunakan, tetapi dokumen resmi harus ditulis hanya dalam bahasa-bahasa tersebut.
Saat ini, karena gelombang Korea, jumlah penutur resmi bahasa Korea (tidak termasuk negara mereka sendiri) telah mencapai 77 juta, dan lebih banyak pengguna daripada bahasa resmi Prancis yang ada, sehingga PBB memilih dan dengan suara bulat menjadikan bahasa Korea sebagai bahasa resmi.
Akibatnya, menjadi mungkin untuk menggunakan bahasa Korea dan Korea untuk dokumen resmi PBB.
Jepang telah bekerja keras untuk memasuki PBB sebagai bahasa resmi (?), tetapi saya pikir fakta bahwa Korea diadopsi setelah mengalahkan Jepang bahkan lebih berarti.
Aku tidak percaya hari ini telah datang.
Ada banyak negara di dunia yang tidak memiliki bahasa asli dan ingin berbicara bahasa Korea.
tidak berguna untuk mendapatkan suara
Seberapa besar Republik Korea jika dana tersebut digunakan untuk menyebarkan bahasa Korea lebih luas daripada subsidi?
Korea hore!!!”

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang mengklaim bahwa Bahasa Korea telah diadopsi sebagai bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Hal ini berkaitan dengan gelombang korea yang saat ini menjadi trend, sehingga PBB memilih dan dengan suara bulat menjadikan Bahasa Korea sebagai bahasa resmi.

Setelah ditelusuri, informasi tersebut salah. Faktanya, seorang juru bicara Kantor Subregional PBB untuk Asia Timur dan Timur Laut (UNESCAP) mengatakan: “Bahasa resmi PBB adalah Inggris, Prancis, Rusia, Cina, Spanyol, dan Arab, bahasa Korea belum diadopsi sebagai bahasa resmi.”

Juru bicara itu mengatakan kepada AFP bahwa PBB telah mengajukan “tidak ada resolusi” yang mengusulkan bahasa Korea sebagai bahasa resmi.

“Bahasa Korea kadang-kadang digunakan pada pertemuan PBB di mana beberapa penutur bahasa Korea hadir, tetapi bahasa Korea tidak digunakan sebagai bahasa resmi atau digunakan untuk menulis dokumen dalam kapasitas resmi di PBB.”

Situs web PBB mendokumentasikan proses, yang mana masing-masing dari enam bahasa resminya diadopsi.

Bahasa Cina, Prancis, Inggris, Rusia, dan Spanyol ditetapkan sebagai bahasa resmi oleh Majelis Umum dan Dewan Keamanan PBB pada tahun 1946, sementara bahasa Arab menjadi bahasa resmi di Majelis Umum pada tahun 1973 dan di Dewan Keamanan pada tahun 1982, katanya.

Baik Dewan Keamanan PBB maupun Majelis Umum tidak mencantumkan resolusi yang mengusulkan adopsi bahasa Korea sebagai bahasa resmi PBB.

Dengan demikian, klaim Bahasa Korea telah diadopsi sebagai bahasa resmi PBB merupakan informasi yang salah dan termasuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

= = =
Referensi:

  1. https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.9Y294K

= = =
Editor: Bentang Febrylian