[SALAH]: Fenomena Langka Manusia Siluman

Bukan manusia siluman. Orang dalam video tersebut merupakan salah satu aktor atraksi di Kebun Binatang Karachi, Pakistan.

======

[KATEGORI]: KONTEKS YANG SALAH

======

[SUMBER]: INSTAGRAM (https://archive.md/eXLka)

======

[NARASI]:

“Keajaiban dunia yang keberapa ini yah ?”

======

[PENJELASAN]:

Akun Instagram bernama @trendukhti mengunggah sebuah video yang menunjukkan sesosok makhluk berkepala manusia dan bertubuh rubah sedang berbaring. Dalam video tersebut juga terdapat narasi bahwa hal tersebut adalah fenomena langka manusia siluman.

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa sosok dalam video tersebut adalah manusia siluman adalah salah. Sosok tersebut merupakan seorang penampil yang menjadi karakter Mumtaz Begum yang merupakan makhluk hibrida rubah dan manusia.

Atraksi tersebut ditujukan untuk menghibur para pengunjung kebun binatang Karachi di Pakistan pada 2014. Sosok yang menjadi Mumtaz Begum tersebut bernama Murad Ali. Dia mewarisi peran itu dari ayahnya.

Anak-anak dan orang dewasa kerap berkerumun di sekitar kandang untuk meminta apa pun kepada Mumtaz Begum. Mulai dari lulus ujian hingga mendapatkan visa asing. Pengunjung Mumtaz Begum sering meninggalkan persembahan kecil berupa uang, permen, atau minuman sebagai ucapan terima kasih.

Konten serupa sudah pernah beredar sebelumnya dan diverifikasi di laman turnbackhoax.id pada desember 2021 berjudul “[SALAH] Video Sosok Makhluk Durhaka Ke Orang Tua Berbadan Hewan Berkepala Manusia”.

======

REFERENSI:

http://bitly.ws/oxa6https://turnbackhoax.id/2021/12/05/salah-video-sosok-makhluk-durhaka-ke-orang-tua-berbadan-hewan-berkepala-manusia/