[SALAH] Ular Mampu Memprediksi Gempa

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini.

Tidak ada informasi yang kredibel bahwa ular dapat memprediksi gempa. Faktanya, hingga kini belum ditemukan alat dan metode yang mampu memprediksi gempa secara spesifik dengan waktu, lokasi, dan magnitud gempa yang akan terjadi.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Instagram
https://archive.ph/76k7i

= = = = =

NARASI:

“Fakta Unik di Penjuru Dunia
Ular mampu memprediksi gempa meskipun berjarak 75 mil dari lokasi dan 5 hari sebelum gempa itu terjadi”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Instagram dengan nama pengguna “diferensia.co” mengunggah sebuah narasi yang menyatakan bahwa ular dapat memprediksi gempa 5 hari sebelum gempa terjadi dan dapat memprediksi dalam jarak 75 mil dari lokasi terjadinya gempa.

Berdasarkan hasil penelusuran, tidak ada informasi yang kredibel bahwa ular dapat memprediksi gempa. Faktanya, hingga kini belum ditemukan alat dan metode yang mampu memprediksi gempa secara spesifik dengan waktu, lokasi, dan magnitud gempa yang akan terjadi.

Lebih lanjut, melansir dari JSTOR Daily, hewan memang memiliki kemungkinan untuk merasakan gempa foreshock, atau gempa yang dirasakan sebelum gempa utama terjadi, tetapi gempa foreshock umumnya juga telah terdeteksi oleh alat seismograf.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Instagram dengan nama pengguna “diferensia.co” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.usgs.gov/faqs/can-you-predict-earthquakes

https://daily.jstor.org/can-animals-really-predict-earthquakes/

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian