[SALAH] Terlihat Korban Covid-19 Tergeletak di Jalanan Ternyata Hanya Akting Belaka

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR.

Tidak ada hubungannya dengan Covid-19. Orang-orang yang tergeletak di jalanan dan terlihat seperti meninggal adalah aksi unjuk rasa untuk menentang kebijakan perubahan iklim di Vienna, Austria.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: Konteks yang Salah

=====
SUMBER: Telegram

https://archive.vn/xIxFC

=====

NARASI:
*video memperlihatkan orang-orang tergeletak di jalanan seperti korban meninggal
Ingat,,bulan depan akan memasuki masa² Ibadah umat Islam yang sangat dinanti.
Maka akan banyak strategi para Sales Coped untuk membatasi pergerakan umat Islam untuk beribadah.

=====
PENJELASAN:
Beredar postingan di Telegram oleh akun bernama congor_istana, memperlihatkan sebuah video. Dalam cuplikan video salah seorang bangun dari posisi tidur dan kemudian ada temannya yang menolong untuk membantu memasangkan kembali penutup mayat.

Akun congor_istana lantas menganggap video tersebut adalah akting orang-orang yang berusaha pura-pura meninggal karena COVID-19, dengan tujuan untuk menakuti masyarakat.

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, kejadian dalam video tidak ada hubungannya dengan pandemi Covid-19. Video asli ditemukan di channel berita “oe24”, dengan judul berita “Wien: Demo gegen Klimapolitik” (terjemahan: Vienna: Demo Menentang Kebijakan Perubahan Iklim).

Dapat diketahui aksi itu berkaitan dengan demo penentangan kebijakan perubahan iklim di Vienna, Austria. Memang benar aksi tergeletak di jalanan layaknya orang meninggal hanya akting/rekayasa, namun sama sekali tidak ada hubungannya dengan Covid-19.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim akun congor_istana adalah tidak benar dan termasuk kategori Konteks yang Salah.

=====

REFERENSI:
https://www.oe24.at/video/news/wien-demo-gegen-klimapolitik/509553935


https://www.google.com/amp/s/mobile.reuters.com/article/amp/idUSL1N2UJ1W9

=====

Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian