[SALAH] Pidato Henry Kissinger Sebut Vaksin adalah Alat Pengendali Populasi

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya, tidak ada pidato dari Henry Kissinger yang membahas terkait pengendalian populasi makhluk hidup melalui vaksin.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLESDING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
archive.fo/OSMdF
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=247331200912738&id=100069075797267

=====
[NARASI]:

“Once the herd accepts mandatory forcible vaccination, it’s game over! They will accept anything – forcible blood or organ donation — for the ‘greater good.’ We can genetically modify children and sterilize them – for the ‘greater good.’ Control sheep minds and you control the herd. Vaccine makers stand to make billions, and many of you in this room today are investors. It’s a big win-win! We thin out the herd and the herd pays us for providing extermination services. Now, what’s for lunch, huh?”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang menampilkan gambar Menteri Luar Negeri AS dan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian 1973 Dr Henry Kissinger  dengan sebuah kutipan narasi di bawahnya. Dari narasi tersebut dapat disimpulkan bahwa seolah-olah Henry Kissinger menyatakan vaksin wajib adalah cara yang paling menguntungkan untuk pengendalian sosial dan populasi.

Namun setelah ditelusuri, narasi yang ada di dalam gambar bukan merupakan ungkapan dari Henry Kissinger. Hoaks ini sebelumnya pernah beredar di tahun 2021. Dalam gambar aslinya, hoaks ini ditambahkan keterangan bahwa ungkapan tersebut disampaikan oleh Henry Kissinger dalam pidatonya di World Health Organization (WHO) tentang Eugenika pada 25 Februari 2009.

Berdasarkan hasil pencarian mengenai ungkapan dari Mantan Menlu AS di tahun tersebut, tidak ditemukan pernyataan apapun dari Henry Kissinger yang terkait dengan vaksinasi ataupun pengendalian sosial dan populasi. Melansir dari artikel ASP FactCheck, satu-satunya dokumen yang ditulis oleh Henry Kissinger tentang pengendalian populasi adalah Memorandum Studi Keamanan Nasional setebal 123 halaman tertanggal 10 Desember 1974 dan dideklasifikasi oleh Gedung Putih pada tahun 1989. Memorandum ini berjudul “Implikasi Pertumbuhan Populasi di Seluruh Dunia untuk Keamanan AS dan Kepentingan Luar Negeri (THE KISSINGER REPORT)”. Tidak ada penyebutan kutipan di Facebook atau referensi apa pun tentang vaksinasi, kawanan ternak, dll. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa unggahan tentang pidato pengendalian sosial dan populasi oleh Henry Kissinger tersebut merupakan hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://checkyourfact.com/2019/05/09/fact-check-henry-kissinger-forcible-vaccination-extermination-services-control-herd/

=====
Editor: Bentang Febrylian