[SALAH] Jasa Sertifikat Vaksin melalui Telegram

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Hal tersebut tidak benar. Faktanya, sertifikat vaksin hanya bisa didapatkan setelah melakukan vaksinasi yang diberikan secara gratis kepada masyarakat Indonesia. Jasa sertifikat vaksin merupakan penyalahgunaan wewenang yangi bertentangan dengan semangat Pemerintah dalam upaya percepatan vaksinasi hal tersebut diungkapan dr. Anas Maruf.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu

= = = = =

SUMBER: Telegram

= = = = =

NARASI:
“𝗣π—₯𝗒𝗠𝗒 30% π—žπ—›π—¨π—¦π—¨π—¦ π—¨π—‘π—§π—¨π—ž 𝗛𝗔π—₯π—œ π—œπ—‘π—œ 𝗣π—₯𝗒𝗠𝗒𝗑𝗬𝗔 𝗔π—ͺπ—˜π—§ π—‘π—œπ—› !! π—¦π—§π—’π—ž π—¦π—˜π—§π—œπ—”π—£ 𝗛𝗔π—₯π—œ π—§π—˜π—₯𝗕𝗔𝗧𝗔𝗦 π—π—”π——π—œ π—¦π—œπ—”π—£π—” π—–π—˜π—£π—”π—§ π——π—œπ—” 𝗗𝗔𝗣𝗔𝗧 !!

sΙͺsα΄€ ᴅᴏsΙͺs ʏᴀɴɒ ᴍᴀsΙͺʜ ᴛᴇʀsᴇᴅΙͺα΄€ α΄œΙ΄α΄›α΄œα΄‹ Κœα΄€Κ€Ιͺ ΙͺΙ΄Ιͺ !!!
⬇️⬇️⬇️⬇️⬇️⬇️⬇️⬇️⬇️⬇️⬇️⬇️
PERTAMA : 50 +50 AKUN
KEDUA (1 & 2) : 40 + 40 AKUN
BOOSTER (SEMUA) : 10 + 10 AKUN

π˜‰π˜π˜šπ˜ˆ π˜‹π˜π˜ˆπ˜’π˜šπ˜Œπ˜š π˜‹π˜ π˜—π˜Œπ˜‹π˜œπ˜“π˜ π˜“π˜π˜•π˜‹π˜œπ˜•π˜Žπ˜
π— π—œπ—‘π—”π—§ 𝗝𝗔𝗣π—₯π—œ π—”π——π— π—œπ—‘
⬇️⬇️⬇️⬇️
@ANMIDN”

= = = = =

PENJELASAN:
Beredar pesan penawaran promo 30% jasa sertifikat vaksin melalui Telegram. Dalam grup bernama JASA SERTIFIKAT VAKSIN II SWAB ANTIGEN II PCR tersebut menawarkan ada 3 dosis yang disediakan salah satunya booster.

Setelah ditelusuri, pada bulan Januari perihal jasa pembuatan sertifikat vaksin ini dibahas pada salah satu artikel turnbackhoax.id berjudul “[SALAH] Jasa Pembuatan Sertifikat Vaksin Tanpa Harus Melakukan Vaksinasi”. Melansir dari sehatnegeriku.kemkes.go.id, Polda Jawa Barat berhasil mengungkap dan menangkap dua kasus penyalahgunaan sertifikat vaksinasi, hal tersebut diketahui berdasarkan artikel yang diterbitkan pada 14 September 2021 berjudul β€œKementerian Kesehatan Apresiasi Penangkapan Pelaku Jasa Pembuatan Sertifikat Vaksin COVID-19 Ilegal”.

Melansir dari Kompas.com, jasa pembuatan sertifikat vaksin covid-19 tanpa harus vaksin terlebih dahulu merupakan tindakan melanggar hukum hal tersebut dikatan oleh Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi . Sertifikat vaksin hanya bisa didapatkan jika sudah mengikuti vaksinansi. Lebih lanjut, keaslian sertifikat akan terlihat saat kode QR sertifikat dicek oleh pertugas. Vaksin Covid 19 diberikan secara gratis kepada masyarakat Indonesia, salah satunya vaksin booster yang dimulai tanggal 12 Januari 2022.

Dapat disimpulkan bahwa akun Telegram jasa pembuatan sertifikat vaksin yang dipungut biaya tidak benar dan masuk dalam kategori konten palsu.

REFERENSI:
https://turnbackhoax.id/2022/01/23/salah-jasa-pembuatan-sertifikat-vaksin-tanpa-harus-melakukan-vaksinasi/
https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20210914/1838480/kementerian-kesehatan-apresiasi-penangkapan-pelaku-jasa-pembuatan-sertifikat-vaksin-covid-19-ilegal/
https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/18/161000365/beredar-jasa-pembuatan-sertifikat-vaksin-tanpa-perlu-vaksinasi-kemenkes-itu?page=all
https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20220111/2139141/vaksinasi-booster-gratis-dimulai-12-januari-2022/

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian