[SALAH] “bentuk Bebek dan tikus jika DNA nya di gabungkan”

BUKAN gabungan DNA Bebek dan Tikus. FAKTANYA, hewan yang dibagikan di video adalah Jerboa, hewan pengerat kecil yang habitat aslinya berada di Tiongkok dan Mongolia.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konteks yang Salah.

SUMBER: TikTok, https://archive.ph/hkxRL (arsip cadangan).

NARASI: “beginilah bentuk Bebek dan tikus jika DNA nya di gabungkan”

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, termasuk “Konteks yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah” [1].

SUMBER membagikan video Jerboa dengan menambahkan narasi yang TIDAK sesuai dengan fakta, sehingga membangun kesimpulan KELIRU.

Verifikasi Video

Salah satu sumber referensi berkaitan dengan Jerboa, WWF: “Bagaimana menggambarkan jerboa bertelinga panjang? Hewan pengerat kecil yang sembunyi-sembunyi—asli gurun di Cina barat laut dan Mongolia selatan—memiliki tubuh seperti tikus, telinga kelinci, moncong seperti babi, dan kaki belakang yang terlihat seperti model miniatur kanguru. Tetapi meskipun menyerupai gado-gado spesies lain, jerboa bertelinga panjang berdiri—dan melompat—dalam kelasnya sendiri.” [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Britannica: “jerboa , salah satu dari 33 spesies hewan pengerat pelompat ekor panjang yang beradaptasi dengan baik di gurun dan stepa di Eropa timur, Asia , dan Afrika utara. Jerboa mirip tikus, dengan panjang tubuh berkisar antara 5 hingga 15 cm (2 hingga 5,9 inci) dan panjang ekor 7 hingga 25 cm. Ciri-ciri tertentu sangat bervariasi antar spesies, terutama ukuran telinga, yang berkisar dari kecil dan bulat hingga ramping dan seperti kelinci atau sangat besar dan lebar. Jari-jari kaki belakang berjumlah tiga sampai lima, tetapi semua spesies memiliki kaki depan yang pendek dan kaki belakang yang sangat panjang. Ekornya sering berumbai. Bulu lebat Jerboas memiliki tekstur seperti sutra atau beludru dan berwarna terang, biasanya cocok dengan habitat hewan tersebut .” [3]

A-Z Animals: “Jerboa adalah hewan pengerat kecil yang hidup di gurun Afrika Utara dan Asia. Jerboa adalah hewan yang sangat lucu dan memiliki telinga, ekor, dan kaki belakang yang sangat panjang yang membuat penampilan mereka hampir seperti kartun. Mereka juga memiliki kaki yang disesuaikan secara khusus yang memungkinkan mereka bergerak dengan melompat seperti kanguru.” [4]

Google – Videos. [5]

Google – Images. [6]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.md/nb52W (arsip cadangan dengan bahasa asli, English).

[2] worldwildlife.org: “Jerboa bertelinga panjang berdiri—dan melompat—di kelasnya sendiri” (Google Translate), https://bit.ly/3oJAwcm / https://bit.ly/3Lu2fri (arsip cadangan) & https://archive.ph/dIcjb (arsip cadangan dengan bahasa asli, English).

[3] britannica.com: “jerboa” (Google Translate), https://bit.ly/35YvoKT / https://bit.ly/3Bg7sOE (arsip cadangan) & https://archive.ph/CZgHZ (arsip cadangan dengan bahasa asli, English).

[4] a-z-animals.com: “Jerboa” (Google Translate), https://bit.ly/33h18de / https://bit.ly/3gKbXri (arsip cadangan) & https://archive.ph/NuPGm (arsip cadangan dengan bahasa asli, English).

[5] google.com, https://bit.ly/3LsT62d / https://bit.ly/36ciWaD (arsip cadangan).

[6] google.com, https://bit.ly/34GEprH / https://bit.ly/3rKqrhe (arsip cadangan).