[SALAH] Cairan Pemutih Dan Sitrun Dapat Membersihkan Kerak Membandel

Hasil Periksa Fakta Ari Dwi Prasetyo.

Klaim campuran pemutih dan sitrun dapat membersihkan kerak membandel adalah informasi yang menyesatkan. Campuran kedua zat ini dapat membentuk asam klorit yang menimbulkan efek berbahaya bagi tubuh apabila terhirup seperti berpotensi mengganggu sistem pernapasan dan menimbulkan efek pusing.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten Yang Menyesatkan
= = = = =

SUMBER: Tiktok
https://bit.ly/3gKX7Bb
= = = = =

NARASI:
“siapa nih yang kamar mandinya kotor berkerak susah dibersihkan, aku punya cara ampuh untuk merontokkan kerak-kerak membandel. Cuma pakai dua bahan aja, sitrun dan cairan pemutih pakaian…”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Tiktok @resep_inspirasi_debm yang sudah centang biru mengunggah sebuah video pada tanggal 10 Oktober 2021 yang sudah disukai sebanyak 2213 suka dan dikomentari sebanyak 2321 komentar. Dalam video tersebut menjelaskan mengenai cara membersihkan kamar mandi yang berkerak menggunakan campuran sitrun dan cairan pemutih pakaian.

Melansir Kompas.com, peneliti dan dosen toksikologi dari Departemen Kimia FMIPA Universitas Indonesia (UI) Budiawan menjelaskan bahwa pemutih pakaian mengandung zat aktif natrium hipoklorit yang apabila zat itu dicampur dengan asam, maka akan terjadi kenaikan sifat keasamannya dan pelepasan gas klorin (C12). Selain itu, pencampuran kedua zat tersebut juga berpotensi membentuk asam hipoklorit.

Kemudian melansir Alodokter.com, paparan gas yang mengandung klorin dalam jumlah banyak bisa menyebabkan iritasi dan gangguan pernapasan. Kondisi ini dapat memicu terjadinya gejala sesak napas, hidung berair, nyeri dada, batuk, dan mengi. Paparan gas klorin juga bisa memicu kambuhnya gejala pada penderita asma. Paparan klorin dalam jumlah besar juga akan bereaksi dengan lapisan mukosa di dalam tubuh dan membentuk asam klorida dan asam hipoklorit. Kedua zat ini merupakan zat beracun bagi tubuh manusia.

Dengan demikian informasi mengenai mencampurkan cairan pemutih dengan sitrun merupakan misleading content atau konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.kompas.com/tren/read/2022/01/24/200000265/viral-video-cara-membersihkan-wc-dengan-pemutih-dan-cuka-apakah-berbahaya-?page=all
https://www.alodokter.com/ketahui-fungsi-dan-bahaya-klorin