[SALAH] Aplikasi Android untuk Scan Vaksin Covid-19 yang Terhubung Jaringan 5G

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini.

Informasi palsu. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi untuk melakukan scan terhadap perangkat Bluetooth Low Energy (BLE) atau perangkat nirkabel jarak pendek dengan penggunaan daya rendah. Selain itu, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 terhubung dengan jaringan 5G.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/iBBDB

= = = = =

NARASI:

“Nama aplikasi untuk scan vucksin sesuai di gambar.
Android minimal Ver.6

Sebentar lagi mereka tinggal diremote sesuai kebutuhan pemilik kepentingan…
💖 KEEP YOUR BLOOD PURE 💖
[…]

(Lanjutan Narasi setelah bagian Referensi)

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook dengan nama pengguna “Lathifah Ambarwati” (https://www.facebook.com/lathifah.ambarwati) mengunggah sebuah narasi yang menyatakan bahwa terdapat sebuah aplikasi di Android yang dapat melakukan scan pada vaksin Covid-19, sebab zat dalam vaksin dapat terhubung dengan jaringan 5G. Narasi tersebut juga disertai dengan foto hasil tangkapan layar aplikasi scanner BLE.

Berdasarkan hasil penelusuran, aplikasi tersebut merupakan aplikasi untuk melakukan scan terhadap perangkat Bluetooth Low Energy (BLE), bukan untuk melakukan scan terhadap vaksin Covid-19. Perangkat BLE sendiri merupakan perangkat nirkabel jarak pendek dengan penggunaan daya rendah.

Lebih lanjut, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 terhubung dengan jaringan 5G. Melansir dari katadata, zat vaksin mengandung partikel lipid atau lemak yang berfungsi untuk membantu vaksin memasuki sel tubuh, bukan untuk menghubungkan dengan jaringan 5G.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna “Lathifah Ambarwati” (https://www.facebook.com/lathifah.ambarwati) tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://developer.android.com/guide/topics/connectivity/bluetooth/ble-overview

https://katadata.co.id/safrezifitra/berita/611f40f751e5b/cek-fakta-benarkah-vaksin-covid-19-terhubung-jaringan-5g

https://turnbackhoax.id/2021/05/27/salah-setelah-divaksin-tubuh-punya-daya-magnetis-dan-dapat-dikoneksikan-ke-bluetooth/

= = = = =

(Lanjutan Narasi)

[…]
Zombie Apocalypse is coming for the unconscious ones… But not to my Spiritual Family… 🥰💖🥰

Kelak ketika puncak huru hara akhir zaman tiba, pada akhirnya para Pure Blood lah yang bisa berjuang. Karena yang sudah dibooster, nano graphene nya makin stabil posisinya dalam darah dan makin siap menerima sinyal 5G (Neurotransmitter) untuk agenda tertentu sesuai kepentingan pemilik hajat.

Orang-orang seperti kami yang giat memberi peringatan selalu disalahpahami… Padahal kami hanya menggugurkan kewajiban.

Image credit faris1604”

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian