[SALAH] Foto Artikel “Pesantren Alquran Terbakar, 26 Santri Dan Dua Guru Tewas Terpanggang”

BUKAN pesantren. Kejadian kebakaran di foto artikel itu adalah kebakaran Kantor Bupati Melawi, Kalimantan Barat (Kalbar), Sabtu (19/11/2016), sekitar pukul 05.00 WIB.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori: Konteks yang Salah
===========================================

Beredar artikel berjudul “Innalillahiwainnailaihirojiun. Turut Berdukacita. Pesantren Alquran Terbakar, 26 Santri Dan Dua Guru Tewas Terpanggang, Mohon Bantuan Dan Do’a Nya” yang terbit di situs kuchingbloggers[dot]com pada 2 Februari 2022.

Sumber: https://archive.ph/XIiqJ (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto kebakaran yang diklaim sebagai kebakaran di pondok pesantren Al Quran yang menewaskan 26 santri dan 2 guru merupakan klaim yang salah.

Faktanya, bukan pesantren. Kejadian kebakaran di foto artikel itu adalah kebakaran Kantor Bupati Melawi, Kalimantan Barat (Kalbar), Sabtu (19/11/2016), sekitar pukul 05.00 WIB.

Foto yang identik, salah salah satunya dimuat di artikel berjudul “BREAKING NEWS: Kantor Bupati Melawi Ludes Terbakar” yang terbit di situs pontianak.tribunnews.com pada Sabtu, 19 November 2016.

Dilansir dari artikel ini, sekitar dua unit mobil pemadam kebakaran, dan petugas berjibaku memadamkan kobaran api, yang meluluhlantakkan hampir seluruh ruangan Kantor Bupati Melawi, Kalimantan Barat (Kalbar), Sabtu (19/11/2016), sekitar pukul 05.00 WIB.

Ada pun ruangan kantor tersebut di antaranya, ruang Bupati dan Wakil Bupati. Ruang Kabag Perlengkapan, Ruang Kabag Umun, Ruang Kabag Kesra, Ruang Asisten I,II,III, Ruang TU dan Aula Pertemuan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Dilansir dari detikcom, kebakaran hebat itu diduga disebabkan oleh hubungan pendek arus listrik.

“Sementara diduga arus pendek. Namun, untuk mengetahui penyebab kebakaran pastinya, akan dicek oleh Puslabfor Polri,” ujar Kapolres Melawi AKBP Oki Waskita.

REFERENSI
https://pontianak.tribunnews.com/2016/11/19/breaking-news-kantor-bupati-melawi-terbakar
https://news.detik.com/berita/d-3349181/penyebab-kebakaran-di-kantor-bupati-melawi-kalbar-diduga-arus-pendek

About Adi Syafitrah 1361 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo