[SALAH] Raja Salman Meninggal Dunia

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan

KJRI Jeddah memastikan berita tersebut hoax. Belum ada konfirmasi maupun bantahan dari pemerintah Saudi dan media resmi Saudi mengenai kabar meninggalnya Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
================
Konten: Konten yang Menyesatkan

Beredar sebuah postingan video yang diunggah oleh akun Facebook Rwr Maulana Muhammad pada 23 Januari 2022. Postingan tersebut menyebutkan bahwa Raja Salman telah meninggal.

NARASI:
Raja Salman Telah meninggal .
Tapi tidak ada kabar jam berapa ?
Dalam Berita Ini Di sebut wafatnya raja Al Haramain.

Sumber: Facebook (https://archive.fo/orLZj) Arsip
================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, kabar meninggalnya Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud tidak benar. Belum ada konfirmasi maupun bantahan dari pemerintah Saudi dan media resmi Saudi.

Dikutip dari detik.com KJRI Jeddah memastikan berita tersebut hoax. “Sejauh yang kami tahu, itu hoax,” ujar Konsul Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) Jeddah Eko Hartono.

Rumor meninggalnya Raja Salman berasal dari media Iran, yakni Mehr News Agency. Namun artikel tersebut tidak mencantumkan sumber apapun saat membahas meninggalnya Raja Salman, sehingga kabar tersebut menjadi simpang siur.

“Beberapa sumber-sumber berita mengklaim bahwa Salman bin Abdulaziz Al Saud Raja Arab Saudi telah meninggal. Namun, beberapa sumber-sumber berita mengumumkan bahwa laporan-laporan kematian Raja Salman dari Arab Saudi tidak benar,” ujar Mehr News Agency.

Kabar meninggalnya Raja Salman bukanlah pertama kalinya beredar di media sosial. Pada 2020 kabar meninggalnya Raja Salman ramai beredar sebanyak dua kali melalui WhatsApp dan Facebook.

Dengan demikian, informasi atas meninggalnya Raja Arab Salman bin Abdulaziz Al Saud tidak benar, dan masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://news.detik.com/berita/d-5911245/kjri-jeddah-pastikan-kabar-raja-salman-meninggal-hoax
https://www.republika.co.id/berita/r65me7370/beredar-kabar-raja-salman-meninggal-konjen-ri-hoaks
https://www.liputan6.com/global/read/4868174/raja-salman-sering-dikabarkan-meninggal-siapa-dalangnya
https://www.cnbcindonesia.com/news/20220124061524-4-309741/geger-raja-salman-dilaporkan-meninggal-dunia-ini-faktanya

EDITOR: Adi Syafitrah