[SALAH] Atlet Rugby Jordan Michallet Meninggal karena Vaksin Covid-19

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini.

Bukan karena vaksin Covid-19. Berdasarkan laporan dari media “Le Parisien”, Jordan Michallet meninggal karena jatuh dari lantai 4 sebuah gedung di Kota Rouen.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/pwzKM

= = = = =

NARASI:

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“Kemungkinan besar ia meninggal karena vaksin Covid-19 ketika tidak ada laporan mengenai penyebab kematiannya. Media hanya menutupi adanya pembunuhan massal oleh vaksin.”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook dengan nama pengguna “Pat Conlon” (https://www.facebook.com/pconlon3) mengunggah sebuah tautan berita mengenai meninggalnya atlet rugby asal Perancis, Jordan Michallet. Dalam unggahan tersebut juga disertai dengan narasi yang menyatakan bahwa penyebab kematian Michallet adalah vaksin Covid-19.

Berdasarkan hasil penelusuran, penyebab kematian Michallet adalah bukan karena vaksin Covid-19. Melansir dari media asal Perancis “Le Parisien”, hasil investigasi kepolisian setempat menemukan bahwa Michallet menabrakkan mobilnya ke pembatas jalan di Kota Rouen, Perancis, pada pukul 01.00 waktu setempat. Sekitar 20 menit kemudian, seorang saksi melihat Michallet jatuh dari lantai 4 sebuah gedung yang terletak di sekitar wilayah tersebut.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna “Pat Conlon” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

REFERENSI:
https://www.leparisien.fr/sports/rugby/rugby-pro-d2-jordan-michallet-louvreur-du-club-de-rouen-sest-tue-apres-une-chute-18-01-2022-ZY6CEZJJXNFO5LYTGKJ3B7LHJU.php

https://www.rugbypass.com/news/french-rugby-player-jordan-michallet-dead-at-29/

https://rmcsport.bfmtv.com/rugby/rugby-jordan-michallet-est-mort-brutalement-a-l-age-de-29-ans_AN-202201180469.html

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian