[SALAH] Foto “seorang ayah di Texas membunuh seorang pria karena memperkosa putrinya yang berusia 5 tahun”

BUKAN pembunuh pelaku pemerkosaan. Pria di foto itu adalah Frank K.C Hertel yang divonis bersalah di Pengadilan Ohio karena telah memperkosa putrinya sejak berusia 3 tahun.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Instagram Gangsal – 5 (instagram.com/gang5al_) pada 28 November 2021 mengunggah sebuah foto seorang pria yang mengenakan baju tahanan berwarna oranye yang tampak menangis. Di foto itu terdapat narasi; “Kirim ambulance dan polisi sekarang, aku telah membunuh seseorang. Silakan tangkap saya.” Ucap seorang ayah di Texas setelah membunuh seorang pria karena kedapatan sedang memperkosa putrinya yang berusia 5 tahun.

Sumber: perma.cc/L42V-73EA (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto seorang seorang pria yang mengenakan baju tahanan berwarna oranye yang tampak menangis yang diklaim sebagai seorang ayah di Texas membunuh seorang pria karena memperkosa putrinya yang berusia 5 tahun merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, pria di foto itu bukan pembunuh pelaku pemerkosaan. Pria di foto itu adalah Frank K.C Hertel yang divonis bersalah di Pengadilan Ohio karena telah memperkosa putrinya sejak berusia 3 tahun.

Foto yang identik, salah satunya dimuat di artikel berjudul “Man Raped His Daughter And Fled The Country For 10 Years, Finally Learns His Fate In American Court” yang terbit di situs opposingviews.com.

Dilansir dari Tempo, pria yang menangis dalam foto itu adalah Frank K.C Hertel yang divonis bersalah di Pengadilan Ohio setelah menjadi buron selama 10 tahun. Ia divonis antara 19-95 tahun karena telah memperkosa putrinya sejak berusia 3 tahun.

REFERENSI
https://www.opposingviews.com/society/dad-who-raped-his-daughter-and-fled-germany-10-years-learns-his-fate
https://cekfakta.tempo.co/fakta/1633/keliru-cerita-tentang-seorang-ayah-disebut-hero-di-texas-yang-membunuh-pria-karena-memperkosa-anaknya

About Adi Syafitrah 1361 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo