[SALAH] Pria Misterius dari Dimensi Lain

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya pria yang ditahan oleh kedaulatan Jepang pada saat itu, bukan pria yang berasal dari dimensi lain. Pria bernama John Alan Zegrus ini mengelabui banyak orang dengan membuat paspor palsu dengan nama negara dan bahasa yang dibuat oleh dirinya sendiri.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
archive.vn/GVtom
https://www.facebook.com/groups/968011944012110/permalink/1354201078726526/

=====
[NARASI]:

“Pada tahun 1954 ada seorang pria yang hendak pergi dari Jepang, saat diperiksa petugas bandara Haneda, Tokyo, para petugas bingung karena negara Taured tersebut tidak ada di peta dunia.

Si petugas bandara meminta pria tersebut untuk menunjukkan di mana letak Taured pada peta dunia. Pria tersebut menunjukkan lokasi negara tersebut yang berada di antara Spanyol dan Perancis, yaitu Andora. Saat mengetahui negaranya tidak ada didalam peta, ia mengatakan bahwa negara Taured sudah ada sejak 1000 tahun yang lalu.

Pria itu mengatakan bahwa ia sering melakukan perjalanan ke luar negri termasuk ke Jepang dan terbukti bahwa pria tersebut memiliki stampel yang ada pada paspornya.

Tetapi, salah satu hotel yang sudah ia pesan sebelumnya mengatakan bahwa pria tersebut tidak ada di list reservasi, dan menghilang tanpa jejak bahkan passport, sim, dan cek pria tersebut hilang secara misterius dari kantor sekuriti bandara.
.
.
From @nilai100

Suka dengan kontennya?
Jangan Lupa
Follow 👉 RAJA FAKTA untuk dapatkan hal-hal baru setiap harinya”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah narasi di media sosial Facebook yang menceritakan kisah seorang pria di bandara Haneda, Jepang, yang diklaim berasal dari dimensi lain. Pria ini diketahui menunjukkan paspor perjalanan miliknya yang dikeluarkan oleh negara Taured. Padahal setelah ditelusuri, negara Taured tidak dapat ditemukan di bagian dunia manapun.

Namun setelah ditelusuri, kisah pria misterius dari dimensi lain ini merupakan kisah palsu atau hoaks. Melansir dari artikel Snopes disebutkan bahwa pria yang dimaksud dalam cerita itu adalah John Alan Zegrus. John saat itu dituntut di Jepang karena menggunakan paspor palsu yang dibuat oleh dirinya sendiri.

Selain menggunakan paspor palsu, John juga diketahui telah mengelabui petugas pemeriksaan dengan mengaku sebagai agen FBI dan CIA. John mengaku sebagai “Orang Etiopia yang dinaturalisasi dan agen intelijen untuk Kolonel Nasser”. Paspor miliknya dicap dengan stempel yang dikeluarkan di Tamanrasset, ibu kota Tuared “selatan Sahara”. Namun kejahatannya ini kemudian terungkap setelah kedaulatan Jepang memeriksa terkait keaslian negara dan bahasa yang tampak asing ini. Dan dapat dibuktikan bahwa negara dan bahasa yang terdapat dalam paspor milik John hanyalah negara dan bahasa yang dibuat-buat dan tidak berarti apa-apa.

Jadi dapat disimpulkan bahwa narasi tentang adanya pria dari dimensi lain yaitu negara Taured, merupakan informasi hoaks kategori misleading content atau kontent menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://www.newspapers.com/clip/33905529/the-province/

https://www.snopes.com/tachyon/2021/03/frb.png

=====
Editor: Bentang Febrylian