[SALAH] Akun WhatsApp Wakil Bupati Sukoharjo Tawarkan Bantuan Sejumlah Dana

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta). Informasi tersebut salah. Faktanya, melalui akun Instagram resmi Pemerintah Kabupaten Sukoharjo, @pemkabsukoharjo, informasi terkait Wakil Bupati Sukoharjo Drs. H. Agus Santosa menawarkan bantuan sejumlah dana ialah informasi salah atau hoax.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Kategori: Konten Tiruan

===

Sumber: WhatsApp

===

Penjelasan:
Beberapa waktu lalu sempat beredar sebuah akun WhatsApp bernomor +6282143625674 dengan mengatasnamakan Wakil Bupati Sukoharjo, Drs. H. Agus Santosa terkait dengan penawaran sejumlah dana bantuan yang ditujukan untuk masjid.

Namun melansir dari akun Instagram resmi Pemerintah Kabupaten Sukoharjo, @pemkabsukoharjo, informasi terkait Wakil Bupati Sukoharjo, Drs. H. Agus Santosa menawarkan bantuan sejumlah dana ialah informasi salah atau hoax.

Selain itu, melansir dari radarsolo.jawapos.com, Drs. H. Agus Santosa juga mengimbau kepada pihak yang menggunakan fotonya untuk melakukan percobaan penipuan agar segera menghentikan tindakannya. Serta, ia juga mengimbau kepada para pengurus masjid, khususnya pengurus masjid di wilayah Kabupaten Sukoharjo untuk lebih berhati-hati dan apabila menerima tawaran bantuan dengan keterangan yang belum jelas agar segera melakukan konfirmasi dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Berdasarkan pada seluruh referensi, foto wakil bupati Sukoharjo dicatut untuk percobaan penipuan ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori konten tiruan.

Referensi:
https://www.instagram.com/p/CY8OnXsvsHl/
https://radarsolo.jawapos.com/daerah/sukoharjo/20/01/2022/foto-wakil-bupati-sukoharjo-digunakan-untuk-percobaan-penipuan/

Penulis: Novita Kusuma Wardhani
Editor: Bentang Febrylian