[SALAH] Kabar Mahathir Muhammad Meninggal

Hasil periksa fakta Riza Dwi (Anggota Tim Kalimasada).
Informasi tersebut salah, Mahatir Muhammad memang sempat drop namun sampai sekarang masih bisa berkomunkasi dengan keluarga.

=====
KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

=====
Akun Twitter @GoyaJikko membagikan cuitan dengan narasi “Innalillaahi Wainnailaihi roziuun
Semoga beliau Almarhum bpk DR. Mahatir Muhammad, husnul khatimah. Aamiin”. Postingan 28 Januari tersebut juga disertai foto dengan gambar Mahatir Mohammad serta tulisan “Innalillahi wa innailaihi rojiun.. Turut berduka cita atas berpulangnya kerahmatullah bapak Dr. Mahathir Mohammad pada usia 97 tahun.”

=====
SUMBER: Twitter
https://archive.fo/Jq3Vt

=====
PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, konten tersebut menyesatkan. Sebab, diketahui bahwa keadaan Mahathir Mohamad berangsur membaik. Melalui halaman Facebooknya
Dr. Mahathir bin Mohamad menuliskan pernyataan kepada media bahwa keadaan beliau berangsur membaik dan sudah bisa berkomunikasi dengan keluarga.

Menteri Komunikasi dan Multimedia Tan Sri Annuar Musa, juga mempertegas bahwa kabar meninggalnya Mahathir Mohamad salah. Ia menghimbau untuk tidak menyebarkan berita apapun mengenai kondisi kesehatan Mahathir, kecuali berdasarkan sumber resmi seperti keluarga dan rumah sakit.

=====
REFERENSI:
https://www.facebook.com/TunDrMahathir/posts/501280158032516
https://international.sindonews.com/read/665061/40/kabar-mahathir-muhammad-meninggal-beredar-cek-faktanya-1642928481

Editor: Adi Syafitrah